Comscore Tracker

10 Series Dengan Tema Misteri Pembunuhan Terbaik! 

Berikut rekomendasi series dengan tema misteri pembunuhan

Sementara film-film seperti Knives Out telah meningkatkan minat publik pada genre misteri pembunuhan akhir-akhir ini, serial televisi dari genre yang sama belum mengumpulkan tingkat intrik yang sama.

Meskipun menantang gagasan yang terbentuk sebelumnya tentang apa yang harus dicakup oleh acara yang berpusat pada kejahatan acara-acara terkait misteri pembunuhan ini seringkali dianggap tidak serius.

Karena seri misteri pembunuhan perlu menguraikan banyak informasi penting menjelang akhir setiap musim untuk membuat pemirsa tetap terpesona, sangat penting bagi seri ini untuk terus meningkatkan taruhannya musim demi musim.

Akibatnya, acara-acara ini secara teratur menghembuskan kehidupan segar ke dalam genre yang sering kali dianggap dibuat-buat dan diformulasikan. Namun, hal tersebut tidak mencegah acara-acara TV ini menjadi acara yang menarik untuk diikuti. Berikut 10 Series dengan tema misteri pembunuhan terbaik

Baca Juga: 5 Film Horor-Thriller Jepang Bertema Misteri yang Bikin Jantung Copot

1. Prodigal Son

https://www.youtube.com/embed/tm_BNB8EEbI

Salah satu pertunjukan yang sempurna bagi siapa saja yang terpikat oleh banyak film dokumenter dan dokumenter pembunuhan Netflix adalah Prodigal Son. Serial ini mengikuti psikolog kriminal Malcolm Bright saat ia bergulat dengan kasus pembunuh peniru "The Surgeon" —pembunuh berantai terkenal yang akhirnya tidak lain adalah ayah Bright sendiri.

Untuk memahami bagaimana pembunuh peniru ini beroperasi, Bright harus bekerja sama dengan ayahnya, yang melakukan kejahatan serupa lebih dari satu dekade lalu—terlepas dari trauma yang muncul kembali.

Meskipun acara itu dibatalkan setelah musim keduanya karena rendahnya jumlah penonton, Prodigal Son sejak itu mengumpulkan banyak pengikut dan sedang dalam perjalanan untuk menjadi klasik kultus modern.

2. Riverdale

https://www.youtube.com/embed/HxtLlByaYTc

Meskipun menerima banyak kebencian selama bertahun-tahun, musim pertama Riverdale dengan mudah menggabungkan pasang surut epik football sekolah menengah dengan misteri mengerikan tentang siapa yang membunuh Jason Blossom.

Sebagai pertunjukan yang terkenal karena terus mencoba melompati rintangan, Riverdale telah mengambil banyak risiko selama enam musimnya.

Satu twist yang mulai mengubah cara pandang pemirsa tentang pertunjukan itu adalah pengungkapan ayah Betty Cooper sebagai pembunuh Black Hood, antagonis utama Musim 2.

Sementara Riverdale sama sekali bukan seri misteri terbaik di luar sana, itu tidak dapat disangkal mereka berani melewati batasan dan tidak takut untuk memperkenalkan elemen yang tidak memiliki tempat logis dalam pertunjukan, yang membuat penggemar tetap menanti-nantikan kelanjutanya.

3. Pretty Little Liars

https://www.youtube.com/embed/SUO8B47XtGY

Pretty Little Liars mengikuti kelompok lima gadis sekolah menengah yang pernah dekat kemudian berpisah setelah menghilangnya pemimpinnya secara misterius, Alison. Setahun setelah hilangnya Alison, sisa-sisa remaja ini dipersatukan kembali oleh kekuatan ganas ("A") yang mengancam untuk mengungkap rahasia terdalam dan tergelap mereka.

Sementara para remaja pada walnya percaya "A" tidak lain adalah Alison, tubuhnya ditemukan segera setelah itu terjadi.

Selain memberikan momen tak terlupakan yang tak terhitung jumlahnya, dari pesan pertama yang tidak menyenangkan serta lancang yang dikirim "A" ke para remaja hingga cameo tak terduga dari Adam Lambert, acara tersebut membuktikan bahwa drama remaja dapat sangat cocok dengan misteri pembunuhan yang menegangkan.

4. One Of Us Is Lying 

https://www.youtube.com/embed/TWVMBfMpFiU

Sering digambarkan sebagai Pretty Little Liars bertemu The Breakfast Club, One of Us Is Lying menyimpang dari yang pertama karena hanya empat dari lima siswa dalam tahanan yang hidup untuk menceritakan kisah tersebut.

Meskipun awalnya diyakini bahwa kematian blogger gosip Simon adalah akibat dari reaksi alergi, pengakuan anonim yang dibuat oleh si pembunuh memberi tahu pemirsa bahwa kematian Simon bukanlah kecelakaan.

Sepanjang seri, pemirsa belajar lebih banyak tentang masing-masing dari empat siswa dalam tahanan, yang dianggap sebagai tersangka utama pembunuhan Simon. Sementara seri Peacock dan buku yang menjadi dasarnya memiliki pembunuh yang berbeda, adaptasi TV dengan anggun meyakinkan pemirsa bahwa satu orang bersalah dan membuat mereka mempertanyakan keyakinan mereka di episode berikutnya.

5. Elite 

https://www.youtube.com/embed/QNwhAdrdwp0

Serial lain yang membuktikan seberapa baik drama remaja dapat menyatu dengan genre misteri pembunuhan adalah drama Spanyol Netflix, Elite. Serial ini dibuka dengan tiga teman dari latar belakang sederhana yang menerima beasiswa ke Las Encinas, sekolah asrama paling elit di Spanyol, setelah bekas sekolah mereka runtuh.

Sementara ketiga siswa pindahan langsung dibully oleh teman sekelas mereka yang kaya raya, ironisnya pertunjukan itu mulai hidup kembali setelah pembunuhan Marina, seorang siswa di Las Encinas yang sedang menjalin cinta segitiga dengan Samuel (salah satu siswa pindahan) dan Nano (Kakak laki-laki Samuel yang memberontak) sebelum kematiannya, dan kondisi misterius kematiannya.

6. Big Little Lies

https://www.youtube.com/embed/8XgMvMpvCFI

Dalam sebagian besar serial misteri pembunuhan, pemirsa tetap berada di ujung kursi mereka saat mereka berusaha mencari tahu siapa pembunuhnya. Namun, Big Little Lies memberikan pandangan baru pada genre ini dengan membiarkan pembunuh dan korbannya menjadi misteri hingga akhir Musim 1.

Sementara pemirsa diberi petunjuk tentang penyebab kematian korban, fakta bahwa korban tidak segera terungkap membedakan Big Little Lies. Meskipun banyak yang skeptis apakah musim kedua seri ini akan bertahan hingga yang pertama, Big Little Lies Musim 2 mencapai ini dan membuat penggemar sangat berharap bahwa seri misteri terobosan memiliki rencana untuk musim ketiga.

7. Veronica Mars

https://www.youtube.com/embed/iksrM_LNZ6s

Satu seri yang mengumpulkan pengikut yang cukup besar untuk dihidupkan kembali untuk musim keempat setelah jeda 12 tahun adalah Veronica Mars. Acara ini mengikuti protagonis eponimnya saat dia bekerja sebagai detektif swasta di bawah bimbingan ayah detektifnya.

Meskipun masalah terbesarnya dulunya biasa-biasa saja, kehidupan Veronica menjadi terbalik setelah pembunuhan sahabatnya Lilly. Dari sana, tragedi terus menyerang dan Veronica dipaksa untuk memilih antara ayahnya, yang telah menyematkan pembunuhan pada ayah Lilly, dan teman-temannya yang terjebak. Setelah memihak ayahnya, Mars memulai agen investigasi pribadi mereka sendiri dan berusaha memulihkan ketertiban di kota kecil Neptunus.

8. How To Get Away With Murder

https://www.youtube.com/embed/dkb-aBaxkVk

How to Get Away with Murder secara menggugah menggabungkan genre drama hukum dan misteri pembunuhan. Selain penggambaran bintang Viola Davis sebagai pengacara pembela kriminal Annalise Keating, acara tersebut dipuji oleh para penggemar karena kemampuannya untuk membuat pemirsa menyukai "The Keating 5," lima siswa tahun pertama yang dipilih Keating untuk magang di firma hukumnya.

Para siswa segera mengetahui bahwa menjadi bagian dari The Keating 5 bukanlah jalan-jalan di taman karena mereka bekerja bersama profesor mereka dalam kasus pembunuhan yang mengancam keselamatan mereka sendiri. Sejak debutnya pada tahun 2014, How to Get Away with Murder telah menjadi terkenal karena urutan akhir episode yang secara bertahap mengungkapkan lebih banyak informasi mengenai pembunuh setiap musim.

9. Sherlock 

https://www.youtube.com/embed/9UcR9iKArd0

Kedua genre misteri pembunuhan disebutkan, hampir tidak mungkin untuk mengabaikan drama kriminal Inggris Sherlock. Di antara banyak hal lainnya, serial ini menjadi terkenal karena menampilkan dinamika menawan antara Sherlock Holmes dan tangan kanannya, John Watson.

Sherlock telah menjadi ikon sebagai pertunjukan yang memiliki banyak elemen berbeda, dari Sherlock memasuki istana pikirannya yang tak tertembus hingga cara yang tepat di mana Sherlock memalsukan kematiannya di final Seri 2. Sementara banyak pemirsa pada awalnya tertarik oleh kecerdasan Sherlock yang tak tertandingi dan licik, mereka tetap mengikuti selera humor pertunjukan yang Savage.

10. Only Murders In The Building

https://www.youtube.com/embed/JRgyBaTulbs

Meskipun mungkin sulit bagi pertunjukan baru untuk mengimbangi raksasa dalam genre misteri pembunuhan, Hulu's Only Murders in the Building dengan anggun melakukannya sambil menawarkan elemen dinamis yang menarik yang menghembuskan kehidupan segar ke dalam genre. Acara ini menampilkan trio yang tidak mungkin yang disatukan oleh apresiasi bersama mereka terhadap podcast true-crime.

Ketika pembunuhan mengerikan terjadi di kompleks apartemen mewah mereka, ketiganya mengambil inisiatif untuk memulai podcast mereka sendiri dan mengungkap keadaan misterius di balik kematian korban—dengan banyak kesalahpahaman antargenerasi dan tawa di sepanjang jalan.

Itulah tadi 10 seri dengan tema misteri pembunuhan terbaik. Seri dengan tema misteri pembunuhan mana yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 7 Film Horror Thriller Bertema Ritual, Berani Nonton?

Muhammad Rury Lazuardi Photo Community Writer Muhammad Rury Lazuardi

Masih Belajar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya