Comscore Tracker

5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Banyak Seleksi, Cukup Satu Tahap Lolos!

Bisa kuliah di Swedia, Parancis atau Italia

Biasanya, kita perlu melalui beberapa tahap seleksi beasiswa kuliah. Mulai dari tes tulis, tes keterampilan bahasa tertentu hingga tahap wawancara.

Tahukah, ada lima beasiswa luar negeri yang tidak mengharuskan kamu melakukan tahapan sebanyak itu. Apa saja? Baca selengkapnya berikut ini.

1. Orange Tulip Scholarship (S1/S2)

5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Banyak Seleksi, Cukup Satu Tahap Lolos!Ilustrasi perpustakaan (https://www.studyinholland.nl/)

Beasiswa Orange Tulip Scholarship atau yang biasa disingkat OTS adalah program beasiswa bentukan pemerintah Belanda melalui Netherlands Education Support Offices (Neso) untuk berkuliah di kampus-kampus di Belanda. 

Tidak ada persyaratan tes tertulis maupun tahapan wawancara dalam seleksi beasiswa ini. Seleksi masuknya hanya melalui seleksi berkas. Program beasiswa ini tersedia bagi  beberapa negara, termasuk untuk calon mahasiswa asal Indonesia. Kamu bisa melihat daftar kampusnya melalui web Neso - Studi in Holland. Jika kamu sudah mendaftar ke kampus tersebut, pastikan kamu mendapat konfirmasi melalui email atau web pendaftaran yang kamu akses. Kamu juga harus mendapatkan Letter of Acceptance dari universitas yang kamu pilih. 

Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti CV yang harus dikirim dalam format Word atau PDF. Berkas yang kamu kirimkan tidak boleh lebih dari 20 MB. Kamu harus mengirimkan berkas-berkas tersebut ke email ots@nesoindonesia.or.id. Tunggu konfirmasi dan balasan dari email tersebut selama 2 minggu untuk memperoleh informasi selanjutnya. 

https://www.studyinholland.nl/finances/orange-tulip-scholarship-programme/ots-indonesia/apply-for-ots-indonesia

2. Invest Your Talent in Italy (S2)

5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Banyak Seleksi, Cukup Satu Tahap Lolos!ilustrasi mahasiswa (pexels.com/Keira Burton)

Program beasiswa selanjutnya datang dari Italia. Invest Your Talent in Italy menawarkan 130 program studi yang bisa dipilih. Syaratnya, kamu harus lulus dulu kuliah tingkat sarjana. Kamu bisa berkuliah di Italia dengan memilih 3 program studi. Ada 22 universitas yang berpartisipasi dalam program ini. 

Selain kuliah dengan beasiswa, program ini juga menawarkan kesempatan praktik kerja atau magang di perusahaan-perusahaan yang bekerja sama. Tentu ini adalah kesempatan menarik bukan?

Seleksi yang harus kamu lalui hanyalah seleksi berkas. Dokumen yang perlu dikirimkan di antaranya, cv, transkrip nilai, acceptance letter, esai dalam bentuk video, sertifikat kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Italia serta surat rekomendasi dari tempat bekerja atau dosen dari kampus. Kalau sudah kamu bisa mengirimkannya melalui link pendaftaran yang kamu akses. 

https://investyourtalentapplication.esteri.it/SitoInvestYourTalentApplication/sintesi.asp

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Belanda Sekaligus Sejarah

3. The Banach Scholarship Program (S2)

5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Banyak Seleksi, Cukup Satu Tahap Lolos!The Banach Scholarship Programme (nawa.gov.pl)
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Program The Banach Scholarship adalah bentukan kerjasama dari The Ministry of Foreign Affairs and the National Agency for Academic Exchange NAWA dengan Banach Scholarship Programme. Beasiswa ini ditujukan kepada para mahasiswa internasional untuk bisa berkuliah di Polandia. 

Sama seperti program-program sebelumnya, Banach Scholarship juga tidak mengharuskan para pendaftarnya melakukan seleksi tes terulis maupun wawancara, cukup dengan seleksi berkas saja. Dokumen yang diperlukan juga tidak jauh berbeda dengan program-program selanjutnya. Namun, kamu juga tentunya harus menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dengan maksimal. Beasiswa ini umumnya hanya diberikan kepada mereka dengan lulusan S1 di bidang teknik, pertanian, dan ilmu eksakta. 

https://nawa.gov.pl/en/students/foreign-students/the-banach-scholarship-programme/call-for-proposals

4. Eiffel Excellence Scholarship (S2/S3)

5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Banyak Seleksi, Cukup Satu Tahap Lolos!ilustrasi perkuliahan (pexels.com/Kampus Production)

Jika kamu berminat melanjutkan studi ke Prancis, maka program yang satu ini harus dicatat. Program ini tersedia bagi kamu yang hendak memilih S2 atau S3. Bidang keilmuwan yang dipersyaratkan adalah Sains dan Teknik serta Sosial Humaniora. Program studi yang bisa kamu pilih di bidang keilmuwan Sains dan Teknik ada; Biologi dan Kesehatan, Ecological Transition, Matematika dan Digital dan Sains dan Keteknikan. Sementara itu, dalam bidang ilmu Sosial Humaniora kamu bisa memilih produk Sejarah, Bahasa Prancis dan Studi Peradaban, Hukum dan Ilmu Sosial, serta Ekonomi dan Manajemen. 

Fasilitas yang diberikan dari beasiswa ini juga cukup menarik, mulai dari fasilitas tiket pesawat pulang pergi, tiket kereta api, reimburse untuk transportasi lokal serta diberikan juga asuransi kesehatan selama di sana. Beasiswa diberikan selama 12 hingga 36 bulan untuk mahasiswa program Master dan 12 bulan untuk mahasiswa program Doktoral. 

Program beasiswa ini juga tidak mengharuskan kamu menempuh tahapan seleksi panjang. Kamu cukup menyiapkan berkas-berkas serta memperhatikan persyaratan umum dan yang diwajibkan. Misalnya, batas usia, atau dokumen inti dan penunjang. Bedanya, kamu tidak mendaftarkan dirimu secara mandiri, tetapi ini akan dilakukan melalui institusi perguruan yang kamu pilih di Italia tersebut.

Pelajari selengkapnya di sini: https://www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence

5. Swedish Institute Scholarship (S2)

5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Banyak Seleksi, Cukup Satu Tahap Lolos!ilustrasi belajar kelompok (pexels.com/Cottonbro)

Datang dari Swedia, beasiswa ini diberikan kepada para pelamar dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Beasiswa ini bisa kamu pilih jika ingin melanjutkan ke program S2. Program ini cukup menguntungkan karena ada banyak benefit yang bisa kamu peroleh. Mulai dari tunjangan biaya kuliah, biaya hidup bulanan senilai SEK 10.000 atau setara 15 jutaan, asuransi kesehatan dan kecelakaan, hingga keanggotaan alumni. 

Salah satu yang menjadi persyaratan untuk mengikuti program ini adalah, peserta diwajibkan memiliki pengalaman kerja selama 3000 jam, perhitungan dilakukan oleh Swedish Institute. Berkas-berkas yang diperlukan hampir sama seperti program-program sebelumnya.

Kamu bisa mengkases link berikut untuk menemukan persyaratan lainnya https://si.se/en/apply/scholarships/. 

Itulah lima program beasiswa yang bisa kamu coba untuk pilihan studimu. Tidak perlu banyak tahapan seleksi, cukup hanya seleksi melalui berkas saja.

Jika kamu memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan maka kamu bisa berkuliah di universitas impian. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Tips Cara Dapat Beasiswa Kuliah Sambil Keliling Dunia, Millennial Wajib Tahu! 

Nurul Zahara Photo Community Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya