Ganjar Pranowo Bakal Tampil di IMGS 2023, Bicara Dinamika Politik 2024

Ganjar akan bicara di Visionary Leaders Stage by IDN Times

Ganjar Pranowo bakal menjadi pembicara pada gelaran Indonesia Millennial & Gen Z Summit 2023.

Sosok Capres yang diusung PDIP pada Pilpres 2024 ini bakal tampil di hari pertama gelaran IMGS 2023 dan berbicara tentang topik Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamics of the Pivotal 2024 Election pada Jumat (24/11/2023).

Baca Juga: Hari ke-2 IMGS 2022: Stage Visionary Leader Penuh!

1. Ganjar merupakan sosok yang aktif berorganisasi sejak bersekolah

Ganjar Pranowo Bakal Tampil di IMGS 2023, Bicara Dinamika Politik 2024Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di rumah dinasnya Puri Gedeh Gajahmungkur. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Siapa yang tak kenal Ganjar Pranowo? calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini merupakan sosok politikus handal yang dimiliki oleh PDIP. Ganjar merupakan pria kelahiran pada 23 Oktober 1968 dan merupakan kader PDI Perjuangan.

Ganjar Pranowo lahir di keluarga sederhana di sebuah desa di Karanganyar, Jawa Tengah. Ayahnya yang bernama S.Pamudji merupakan salah seorang anggota kepolisian dan ibunya bernama Sri Suparni.

Alumnus SMA Bopkri 1 Yogyakarta, dikenal aktif mengikuti kegiatan organsisasi saat masih duduk di bangku sekolah. Pun semasa kuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Ganjar aktif di GMNI dan merupakan pengagum sosok Presiden Pertama RI Soekarno.

Lulus dari Fakultas Hukum UGM, Ganjar pernah bekerja di lembaga konsultan HRD di Jakarta yaitu PT Prakarsa. Ganjar juga pernah bekerja di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti.

Setelah lulus kuliah juga sempat menjabat sebagai ketua umum dari forum alumni yaitu KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) pada tahun 2014 hingga tahun 2019.

2. Pengalaman di legislatif sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PDIP selama dua periode

Ganjar Pranowo Bakal Tampil di IMGS 2023, Bicara Dinamika Politik 2024Capres, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ganjar kemudian terjun ke politik, Sebelum menjabat sebagai seorang gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari fraksi partai PDI Perjuangan selama dua periode. Yaitu pada periode 2004-2009, dan pada periode kedua tahun 2009 hingga tahun 2013.

Di periode pertamanya (2004-2009), Ganjar duduk di komisi IV dan terlibat dalam berbagai panitia khusus, menggarap berbagai isu terkait Partai Politik, Badan Legislasi, MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Sedangkan di periode keduanya (2009–2013), Ganjar terlibat di Komisi II yang membahas Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan, dan Reformasi Agraria.

3. Dua periode menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah

Ganjar Pranowo Bakal Tampil di IMGS 2023, Bicara Dinamika Politik 2024Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada tahun 2013 kemudian Ganjar mencalonkan diri maju menjadi calon gubernur Jawa Tengah. Ia maju ke kursi calon gubernur diusung oleh PDI Perjuangan. Dan pada tahun itu pula ia berhasil memenangkan suara dan berhasil duduk di posisi Jateng 1.

Setelah periode pertamanya sebagai gubernur Jawa Tengah habis di tahun 2018, ia kemudian lanjut mencalonkan dirinya pada pemilihan umum gubernur Jawa Tengah untuk periode 2018 hingga 2023.

Pada pemilihan umum 2018 lalu, ia berhasil memenangkan kembali kursi gubernur Jawa Tengah. Pasca purna tugas dari Gubernur Jateng Ganjar kini diusung koalisi PDIP, PPP, Hanura dan juga Perindo sebagai Capres berpasangan dengan Cawapres Mahfud MD

4. Pejabat yang aktif di media sosial dengarkan suara masyarakat

Ganjar Pranowo Bakal Tampil di IMGS 2023, Bicara Dinamika Politik 2024IDN Times/Aji

Saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memiliki gaya kepemimpinan yang tegas dan cepat tanggap serta aktif memanfaatkan sosial media miliknya untuk mendengarkan berbagai keluhan, komplain, kritik dan juga saran yang berasal dari masyarakat dan akan meminta pihak terkait untuk segera bertindak.

Bahkan saat menjabat sebagai Gubernur ia menghimbau kepada para pejabat daerah untuk turut aktif di media sosial agar dapat dengan cepat tanggap dalam bertindak dan dapat mendengarkan berbagai keluhan, kritik, dan saran serta memahami dan mengetahui informasi apapun di daerah mereka saat itu.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 merupakan sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Millennial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara. IMGS 2023 diadakan pada 24 - 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta

Baca Juga: Prilly Latuconsina Jadi Pembicara di IMGS 2023, Inspiratif 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya