Keren! Jurnalis IDN Times Juara Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024

Bagian untuk meningkatkan layanan BPJS dan peran jurnalisme

Intinya Sih...

  • Dhana Kencana, jurnalis IDN Times, meraih juara ketiga Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2024 kategori media online.
  • Penghargaan diberikan dalam acara yang diselenggarakan BPJS Kesehatan di Jakarta, dengan total 168 karya yang masuk dari 129 peserta.
  • BPJS Kesehatan memberikan apresiasi kepada para pemenang dan empat media massa yang mempublikasikan berita positif tentang Program JKN.

Semarang, IDN TimesJurnalis IDN Times, Dhana Kencana, berhasil meraih juara ketiga dalam Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2024 kategori media online. Karyanya yang berjudul "Merajut Asa di Usia Senja: BPJS Kesehatan Berdayakan Kesehatan Lansia" sukses mengantarkannya menjadi salah satu pemenang dalam ajang bergengsi tersebut.

1. Peserta mencapai 129 jurnalis

Keren! Jurnalis IDN Times Juara Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti. (IDN Times/Dhana Kencana)

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara yang diselenggarakan BPJS Kesehatan pada Rabu (25/9/2024) di Jakarta. BPJS Kesehatan memberikan apresiasi kepada 15 jurnalis pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2024 dari berbagai kategori, termasuk media cetak, media online, foto jurnalistik, televisi, dan radio.

"Selamat kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2024. Tidak mudah memilih pemenang di antara ratusan karya-karya terbaik yang dikirimkan oleh rekan-rekan jurnalis media massa dari seluruh Indonesia. Terima kasih telah memberikan informasi yang komprehensif, sekaligus menginspirasi masyarakat untuk peduli akan pentingnya terlindungi jaminan kesehatan," ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti.

Lomba Karya Jurnalistik Tahun 2024 diikuti oleh 129 peserta dari berbagai media massa lokal maupun nasional di Indonesia, dengan total 168 karya yang masuk. Untuk menjaga netralitas dalam penilaian, nama jurnalis dan media massa pada seluruh karya lomba yang masuk telah disamarkan sehingga karya-karya yang dinilai bersifat anonim.

Baca Juga: Harapan di Tengah Kegelapan: BPJS Kesehatan Melindungi Anak Negeri

2. Karya jurnalistik untuk edukasi publik

Keren! Jurnalis IDN Times Juara Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti (kedua kiri) saat acara Media Workshop di Jakarta. (IDN Times/Dhana Kencana)

Karya-karya peserta dinilai oleh deretan dewan juri profesional dan kompeten di bidangnya. Seperti Pemimpin Redaksi Kumparan.com sekaligus Ketua Forum Pemimpin Redaksi Arifin Asydhad, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, dan akademisi jurnalistik senior Fitria Andayani.

Menurut Ghufron, upaya peningkatan kualitas layanan kepada peserta JKN perlu dibarengi dengan sosialisasi yang masif dan berkelanjutan.

"Karya jurnalistik yang berkualitas sangat diperlukan sebagai upaya mengedukasi masyarakat melalui informasi yang benar dan berimbang," ucapnya.

3. Beri penghargaan kepada media

Keren! Jurnalis IDN Times Juara Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana (kedua kiri) berfoto bersama saat acara penganugerahan Kaya Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024. (Dok. BPJS Kesehatan))

Selain Dhana Kencana, juara pertama kategori media online diraih oleh Fransiskus Pati Herin dari Kompas.id dengan judul karya "Merawat Sesama Narapidana di Balik Jeruji Besi Lapas Kupang", dan juara kedua diraih oleh Jihad Akbar dari PikiranRakyat.com dengan judul karya "Masa Gelap Sirna, Kisah Penderita Katarak Sembuh Berkat Operasi Gratis JKN-KIS".

Pada kesempatan yang sama, BPJS Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada empat media massa yang paling banyak mempublikasikan berita positif tentang Program JKN sepanjang 1 Januari hingga 31 Agustus 2024.

Keempat media tersebut adalah Suara Merdeka untuk kategori media cetak, Detik.com untuk kategori media online, TV One untuk kategori televisi, dan RRI untuk kategori radio.

4. Daftar lengkap pemenang Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024

Keren! Jurnalis IDN Times Juara Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024Kasmini (kiri) mengikuti skrining kesehatan dan informasi terbaru mengenai JKN BPJS Kesehatan saat Posyandu Lansia di Semarang, Sabtu (15/6/2024). (IDN Times/Dhana Kencana)

Berikut adalah daftar lengkap para pemenang Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan 2024:

Kategori Media Cetak

  • Juara 1: Rendi Fadillah (Sumatera Ekspres) - Cakupan Semesta JKN-KIS Merata sampai TN Berbak Sembilang
  • Juara 2: Farid (Harian Surya) - Cerita Guru Tunanetra di Sidoarjo Dimudahkan Mengakses Layanan BPJS Kesehatan
  • Juara 3: Abdul Jalil (Solo Pos) - ‘Brokohan’ Mempermudah Emak Akses Asuransi Anak

Kategori Media Online

  • Juara 1: Fransiskus Pati Herin (Kompas.id) - Merawat Sesama Narapidana di Balik Jeruji Besi Lapas Kupang
  • Juara 2: Jihad Akbar (Pikiran Rakyat) - Masa Gelap Sirna, Kisah Penderita Katarak Sembuh Berkat Operasi Gratis JKN-KIS
  • Juara 3: Dhana Kencana (IDN Times) - Merajut Asa di Usia Senja: BPJS Kesehatan Berdayakan Kesehatan Lansia

Kategori Foto Jurnalistik

  • Juara 1: Muchtamir (Sindonews.com) - Layanan Kesehatan Homecare Lorong ke Lorong
    Juara 2: Adhi Wicaksono (CNN Indonesia.com) - Pelayanan BPJS Kesehatan hingga Pelosok Negeri
    Juara 3: Idris Prasetiawan (Palopo Pos) - Pelayanan Prima BPJS Keliling Diserbu Warga

Kategori Televisi

  • Juara 1: Nadya Kartika (SCTV) - Alat Bantu Kesehatan untuk Peserta BPJS Kesehatan
    Juara 2: Kenia Gusnaeni (RTV) - Melawan Skizofrenia
    Juara 3: Saladin Ayyubi (RCTI) - Kabut Sekat Layanan Kesehatan Sirna

Kategori Radio

  • Juara 1: Taufik (RRI Sintang) - Deteksi Dini Penyakit Kronis Lewat Prolanis
    Juara 2: Rian Apridhani (RRI Palembang) - Layanan BPJS Kesehatan Menembus Dinding Lembaga Pemasyarakatan
    Juara 3: Ustad Mukorobin (RRI Purwokerto) - Ambulans Air, Pengabdian Tanpa Batas

Baca Juga: Merajut Asa di Senja Usia: BPJS Kesehatan Berdayakan Kesehatan Lansia

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya