Survei Poltracking, Luthfi-Yasin 52 Persen, Andika Hendi 31 Persen

Pergeseran suara masih bisa terjadi

Hasil survei elektabilitas para calon Gubernur dan Wakil gubernur Jateng di Pilkada 2024 menurut Lembaga survei Poltracking Indonesia pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin unggul dari Andika Perkasa-Hendrar Prihadi alias Hendi.

Survei yang dilakukan pada 8-17 September 2024 terhadap 1.200 responden pasangan Luthfi-Yasin di posisi pertama dengan elektabilitas 52,2 persen. Sedangkan pasangan Andika-Hendi mendapat 31,4 persen. Sementara sebanyak 19,1 persen pemilih mengaku belum menentukan pilihannya.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mengatakan persebaran responden itu ditentukan dengan multistage sampling dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

"Pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin memperoleh elektabilitas tingkat keterpilihan 52,2 persen lalu untuk pasangan yang kedua karena ini head to head yaitu pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi sebesar 31,4 persen," kata Hanta Yuda dilansir melalui akun YouTube Poltracking TV, Selasa (24/9/2024).

Menurut Hanta Yuda mengingat pemungutan suara masih berlangsung 2 bulan lagi dinamika politik bisa mempengaruhi elektabilitas pasangan calon. Apalagi saat ini sudah memasuki masa kampanye yang bakal berdampak pada dinamika elektabilitas para pasangan calon.

Termasuk nantinya program yang ditawarkan dan performa para kandidat dalam debat terbuka yang bakal dilaksanakan KPU, bakal bisa mempengaruhi adanya pergeseran suara. "Apakah ada pergeseran nantinya ini sangat mungkin," katanya.

Baca Juga: Deklarasi Damai Pilkada Jateng, Beda Pilihan Jangan ada Perpecahan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya