Viral Ajakan Salaman Andika Tak Ditanggapi, Hendi: Kami Baik-baik Saja

Ajakan salaman Andika tak direspon Kapolda dan Nana Sudjana

Semarang, IDN Times - Viral di media sosial video yang menunjukkan interaksi antara Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, dan Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, yang disebut menolak bersalaman dengan calon gubernur (cagub) Jateng Andika Perkasa.

Momen yang disoroti terjadi yakni di sela kegiatan Deklarasi Kampanye Damai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2024, yang berlangsung di Kantor KPU Jateng, Jalan Veteran, Kota Semarang, pada Selasa (24/9/2024).

Baca Juga: Nomor Urut Pilgub Jateng: Andika-Hendi 1, Ahmad Lutfhi-Taj Yasin 2

1. Hendi kaget di medsos gencar berita ajakan salaman Andika tak direspon Kapolda dan Pj Gubernur

Viral Ajakan Salaman Andika Tak Ditanggapi, Hendi: Kami Baik-baik SajaCagub PDIP Andika Perkasa bersama Cawagub Hendrar Prihadi alias Hendi saat memberikan pernyataan dihadapan awak media. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi tidak menanggapi serius soal ajakan bersalaman dari pasangannya, Calon Gubernur Jateng Andika Perkasa, yang tak disambut oleh Kapolda dan Penjabat Gubernur Jateng.

"Saya justru kaget di medsos (media sosial) sedemikian gencarnya berita tentang itu," kata mantan Wali Kota Semarang tersebut saat blusukan ke Pasar Peterongan Semarang, Rabu (25/9/2024).

Hendi dan Andika tidak menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang serius sehingga kaget ketika malah ramai diperbincangkan di medsos.

Ia pun meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi terkait dengan informasi tersebut yang viral di medsos.

"Hubungan kami baik, baik sekali. Pak Andika sangat menghormati teman-teman, saya sendiri juga. Saya tidak melihat ada sebuah problem, kami baik-baik saja," katanya.

2. Imbau semua pihak jaga kondusifitas Jawa Tengah

Viral Ajakan Salaman Andika Tak Ditanggapi, Hendi: Kami Baik-baik SajaPaslon cagub Jateng Andika Perkasa-Hendrar Prihadi bersama Ketua PW Muhammadiyah Jateng Dr Tafsir, Rektor Unimus Prof Masruki dan kader Muhammadiyah AM Jumai. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah RI itu juga mengimbau kepada seluruh pihak untuk bisa menjaga suasana kondusif dalam menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2024.

"Kita ini semuanya bersaudara kok, kita ini berkawan. Nanti setelah kompetisi selesai, kita juga pasti akan saling memberi masukan bagaimana membangun Jateng ini menjadi lebih baik," katanya.

Berkaitan dengan kegiatan blusukan di Pasar Peterongan, Hendi mengaku hari pertama kampanye fokus menyerap aspirasi masyarakat, terutama berkaitan dengan harga komoditas pokok.

Ada banyak program Andika-Hendi yang berkaitan dengan aktivitas di pasar rakyat, antara lain, Jateng Petani Tangguh dan Jateng Nelayan Tangguh yang salah satu fokusnya adalah dukungan pengembangan sistem logistik pangan untuk menyokong seluruh proses produksi sampai distribusi ke konsumen.

"Secara sederhananya mengefisiensikan rantai distribusi sehingga produk petani dan nelayan tidak dibeli dengan harga rendah," kata Hendi.

Selain itu, ada program Jateng Bakule Dhewe dengan fokus dukungan modal usaha yang mudah, cepat, dan murah kepada pedagang kecil di pasar dan perumahan.

3. Viral ajakan salaman Andika Perkasa diacuhkan Kapolda dan Pj Gubernur Jateng

Viral Ajakan Salaman Andika Tak Ditanggapi, Hendi: Kami Baik-baik SajaPj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengunjungi venue dan menyemangati atlet dari Jateng di PON Aceh-Sumut 2024. (dok. KONI Jateng)

Di Video yang viral tersebut memperlihatkan Andika yang berpapasan dengan Kapolda Jateng, Andika lalu mengulurkan tangan memperlihatkan gerak tubuh hendak mengajak Kapolda bersalaman, namun Irjen Ribut terlihat hanya menundukkan badan dan berlalu tanpa menyambut uluran tangan dari Andika.

Di video lain calon Gubernur yang diusung PDIP ini juga terlihat mengulurkan tangan hendak mengajak jabat tangan kepada Pj gubernur Jateng Nana Sudjana yang tengah berjalan berpapasan dengan Andika, namun uluran tangan ini juga tidak disambut oleh Nana yang terlihat tetap berjalan. Video ini mendapat tanggapan beragam dari netizen di X, banyak diantaranya yang menyayangkan tindakan Pj Gubernur Jateng dan Kapolda Jateng tersebut.

Pasca viralnya video dua pejabat Jateng menolak bersalaman dengan Andika Perkasa tersebut, juga muncul foto dan video yang memperlihatkan Andika Perkasa dan Hendi terlihat akrab berbincang dengan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, ada juga foto yang memperlihatkan Andika dan Hendi terlihat mengobrol dengan Kapolda Jateng.

Bahkan di akun X milik Nana Sudjana juga mengunggah video saat Ia berpegangan tangan merangkul kedua pasangan calon Gubernur yakni Andika Perkasa dan Ahmad Luthfi

Baca Juga: Deklarasi Damai Pilkada Jateng, Beda Pilihan Jangan ada Perpecahan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya