Viral Kapolda Enggan Salaman Dengan Andika, Artanto Sebut Tak Sengaja

Kapolda sempat cipika cipiki dengan Andika Perkasa

Semarang, IDN Times - Viralnya video Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang disebut tidak mau bersalaman dengan Calon Gubernur Jawa Tengah Andika Perkasa ditanggapi oleh Polda Jateng.

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Artanto mengatakan tidak ada unsur kesengajaan Kapolda tidak mau menyambut jabat tangan Andika.

Momen yang disoroti terjadi yakni di sela kegiatan Deklarasi Kampanye Damai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2024, yang berlangsung di Kantor KPU Jateng, Jalan Veteran, Kota Semarang, pada Selasa (24/9/2024).

Baca Juga: Viral Ajakan Salaman Andika Tak Ditanggapi, Hendi: Kami Baik-baik Saja

1. Di ruang transit mereka terlihat akrab

Viral Kapolda Enggan Salaman Dengan Andika, Artanto Sebut Tak SengajaKapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ribut Hari Wibowo. (Facebook Polresta Surakarta)

Menurut Artanto saat itu Kapolda sedang berjalan hendak meninggalkan kantor KPU Jateng sudah menundukkan kepala untuk berpamitan. "Jadi saat itu tidak ada unsur kesengajaan tidak mau bersalaman," katanya dilansir dari Antara.

Menurut Artanto yang sebenarnya pada kesempatan pertemuan mereka di deklarasi Pemilu Damai 2024 Kapolda menunjukkan sikap yang bersahabat dengan Andika saat mereka bertemu di ruang transit di KPU Jateng.

"Dimana antara Pak Andilka dengan Pak Ribut di ruang transit menunjukkan sikap yang bersahabat, karena keduanya selain bersalaman dan cipika-cipiki juga ngobrol akrab membahas berbagai hal," kata Kabidhumas saat dikonfirmasi Rabu (25/9/2024).

2. TNI dan Polri tetap solid

Viral Kapolda Enggan Salaman Dengan Andika, Artanto Sebut Tak SengajaKabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto saat merespon tawuran di Semarang Utara. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Video yang viral beberapa hari terakhir menurut Artanto, sengaja diunggah ke media dengan tujuan untuk memperkeruh suasana. Diframing oleh orang yang tidak senang pilkada berlangsung damai, aman dan nyaman

"Untuk itu kami yakinkan bahwa keakraban, soliditas antara TNI dan Polri tetap terjalin dan terjaga dengan baik," katanya.

Upaya pihak tertentu tersebut, kata Kabidhumas, tidak membuat hubungan TNI/Polri di Jawa Tengah yang selama ini berjalan baik, solid, terpengaruh atas upaya-upaya tersebut.

"Untuk itu kami juga menyayangkan hanya video yang menggambarkan Kapolda terkesan tidak bersedia bersalaman dengan Bapak Andika dibesar-besarkan, sedang video keakraban keduanya di ruang transit KPU Jateng malam itu yang diawali saling bersalaman dan cipika-cipiki tidak diekplore atau diviralkan di media," kata Artanto.

3. Hendi minta masyarakat tak terprovokasi

Viral Kapolda Enggan Salaman Dengan Andika, Artanto Sebut Tak SengajaKetua KPU Provinsi Jawa Tengah Handi Tri Ujiono (ketiga kiri) bersama Ketua Bawaslu Jateng Muhammad Amin (ketiga kanan), dan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Andika Perkasa (kedua kanan) dan Hendrar Prihadi (kanan) serta Cagub dan Cawagub Jateng Ahmad Luthfi (kedua kiri) dan Taj Yasin (kiri) berfoto bersama saat Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Cagub dan Cawagub Jateng 2024 di Kantor KPU Provinsi Jateng, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/9/2024). (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi tidak menanggapi serius soal ajakan bersalaman dari pasangannya, Calon Gubernur Jateng Andika Perkasa, yang tak disambut oleh Kapolda dan Penjabat Gubernur Jateng.

"Saya justru kaget di medsos (media sosial) sedemikian gencarnya berita tentang itu," kata mantan Wali Kota Semarang tersebut saat blusukan ke Pasar Peterongan Semarang, Rabu (25/9/2024).

Hendi dan Andika tidak menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang serius sehingga kaget ketika malah ramai diperbincangkan di medsos.

Ia pun meminta masyarakat untuk tidak terprovokasi terkait dengan informasi tersebut yang viral di medsos.

"Hubungan kami baik, baik sekali. Pak Andika sangat menghormati teman-teman, saya sendiri juga. Saya tidak melihat ada sebuah problem, kami baik-baik saja," katanya.

Baca Juga: Deklarasi Damai Pilkada Jateng, Beda Pilihan Jangan ada Perpecahan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya