4 Warga Jateng Balik Kampung Pasca Kerusuhan Wamena 

Ganjar imbau warganya tenang dan ikuti arahan aparat

Semarang, IDN Times - Empat warga asal Kudus dan Pati, Jawa Tengah telah dipulangkan dari Wamena, Papua, pasca kerusuhan yang terjadi pada (23/9). Mereka tiba di daerah asal.

Diperkirakan akan menyusul dua kelompok warga Jawa Tengah yang akan kembali ke daerah asal. Saat ini mereka masih berada di Jayapura.

Baca Juga: Ini Masalah yang Menyulut Kerusuhan di Wamena Versi Komnas HAM

1. Warga Jateng di Papua masih terus didata

4 Warga Jateng Balik Kampung Pasca Kerusuhan Wamena ANTARA FOTO/Marius Wonyewun

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terus memantau perkembangan kerusuhan di Wamena, Papua lantaran banyak warga Jawa Tengah yang terdampak kericuhan.

"Mereka ada yang mengungsi di Jayapura, di Sentani. Kesra terus kami dorong untuk mendata mereka. Kami masih terus melakukan koordinasi dengan gubernur setempat," kata Ganjar saat berada di SMKN 7 Semarang, Selasa (1/10).

2. Ratusan warga Jateng tersebar di beberapa daerah Papua

4 Warga Jateng Balik Kampung Pasca Kerusuhan Wamena ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Jumlah warga Jateng masih terus dilakukan pendataan secara berkala oleh Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Sebab jumlah mereka sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah.

"Banyak masyarakat kita (Jateng) di sana. Ratusan lebih. Cuma ada berapa sekarang yang ada di Jayapura, katakan dia sedang menyelamatkan diri atau mengungsi sementara, belum tahu jumlahnya," jelas Ganjar.

3. Warga Jateng di Papua diimbau tenang

4 Warga Jateng Balik Kampung Pasca Kerusuhan Wamena ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Ganjar mengimbau kepada warga Jateng yang di Wamena, Papua agar tetap tenang dan mengikuti petunjuk para penegak hukum setempat. Ia juga ingin mengetahui apa keinginan dari warga Jateng, apakah akan pulang atau tetap bertahan.

"Tenang saja, disana komunikasi dengan aparat penegak hukum. Ikuti apa yang menjadi anjuran aparat penegak hukum. Kami dari Biro Kesra sudah komunikasi, nanti lihat hasilnya. Kita lihat, mintanya mereka (masyarakat Jateng) apa," tegas Ganjar.

Hingga saat ini Ganjar juga terus melakukan koodinasi dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Baca Juga: Tragedi Wamena, Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya