Pemudik yang Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang Sudah 28.930 Orang

Jumlah pemudik yang naik pesawat naik 17 persen

Semarang, IDN Times - Pergerakan penumpang pesawat terbang yang tiba maupun berangkat dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mengalami lonjakan signifikan memasuki hari ini, Sabtu (6/4/2024).

Pengelola bandara menyebutkan hari ini merupakan puncak arus mudik dari jalur udara dengan catatan jumlah penumpang pesawat mencapai 28.930 orang. 

"Pergerakan jumlah penumpang sudah 28.930 orang sampai jam ini. Kalau kita lihat ketimbang tahun kemarin, yang sekarang ini meningkat 17 persen," Ahmad Zulfian Noor, Stakeholder Relation Manajer, Bandara Ahmad Yani Semarang kepada IDN Times. 

1. Daftar rute extra flight di Bandara Ahmad Yani

Pemudik yang Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang Sudah 28.930 OrangIlustrasi. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (dok. Angkasa Pura I)

Ia mengaku hari ini sudah ada sejumlah maskapai yang mengajukan 32 jadwal penerbangan tambahan atau extra flight. Untuk rutenya kebanyakan tujuan Banjarmasin-Semarang, Makassar-Semarang, Balikpapan-Semarang, Cengkareng-Semarang, Halim Perdanakusuma-Semarang, Batam-Semarang dan Pangkalanbun-Semarang.

Maskapai penerbangan yang mengajukan extra flight ialah Supe Air Jet, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia dan Lion Air. "Kami perkirakan (permintaan) extra flight pasti akan bertambah terus sampai batas akhir pelaksanaan posko Lebaran," katanya. 

Sedangkan sampai hari Jumat kemarin sudah ada 84 extra flight yang diajukan maskapai. "Untuk estimasi dari kami paling tidak rencana permintaan ektra flight saat Lebaran tahun ini ada sebanyak 489," jelasnya. 

2. Puncak mudik jam 3 sore sampai jam 8 malam

Pemudik yang Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang Sudah 28.930 OrangIlustrasi penumpang yang baru keluar dari pintu kedatangan Bandara Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Adapun dari pagi sampai siang tadi suasana Bandara Ahmad Yani masih tampak lengang. Namun Zulfian menyebutkan kepadatan pemudik akan terlihat jam 15.00 WIB sore Ke atas karena ada banyak pesawat yang berdatangan. 

"Puncak mudik akan terjadi jam 3 sore nanti sampai jam 8 malam. Dan ada delapan flight dengan rincian maskapainya ada Batik, Citilink, Garuda, Lion Air," terangnya. 

3. Bandara Ahmad Yani maksimalkan tempat apron

Pemudik yang Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang Sudah 28.930 OrangSejumlah calon penumpang pesawat saat menuju pintu keberangkatan di Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Oleh sebab itulah, pihaknya beberapa hari terakhir telah menyiapkan secara matang fasilitas untuk menyambut kedatangan pemudik yang naik pesawat. 

Salah satunya memaksimalkan tempat apron pesawat. Selain itu membuka layanan bagasi di tempat terminal penumpang internasional. 

"Untuk layanan apron kita maksimalkan kapasitasnya. Kedua untuk bagasi kita atur opsi jika ada penumpukan penumpang akan dibuka terminal internasional kita untuk dipakai fasilitas bagasinya," tuturnya. 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya