Arab Saudi Hentikan Umrah, Penerbangan Solo - Jeddah Tetap Beroperasi

Pihak otoritas Bandara Adi Soemarmo tetap layani penerbangan

Solo, IDN Times - Kendati adanya penghentian visa kunjungan Umrah dari Pemerintah Arab Saudi akibat penyebaran virus corona atau COVID 19, Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah tetap menerima penerbangan umrah hingga bulan Maret mendatang.

Baca Juga: Garuda Indonesia Masih Berangkatkan Jemaah Umrah ke Madinah

1. Penerbangan Solo-Jeddah tetap beroperasi

Arab Saudi Hentikan Umrah, Penerbangan Solo - Jeddah Tetap BeroperasiANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Operation and Safety Senior Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Internasional Adi Soemarmo, mengatakan bandara Adi Soemarmo mempunyai jadwal penerbangan langsung Solo-Madinah, dan jadwal penerbangan tersebut hingga saat ini masih berjalan dengan normal.

Meski demikian pihaknya masih menunggu instruksi resmi dari Kementrian Perhubungan terkait penghentian penerbangan ke Arab Saudi tersebut.

"Penerbangan Umrah yang dari bandara Adi soemarmo sampai hari ini masih operasional normal. Kami masih menunggu instruksi resmi dari Kemenhub terkait penghentian penerbangan ke Arab Saudi,” jelasnya, Kamis (27/2).

2. Pihak Lion Air lakukan koordinasi dengan otoritas bandara Arab Saudi

Arab Saudi Hentikan Umrah, Penerbangan Solo - Jeddah Tetap BeroperasiIlustrasi Lion Air (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, Operator Penerbangan umrah Lion Air, Danang Mandala mengaku akan terus melakukan koordinasi dengan pihak otoritas penerbangan di Arab Saudi terkait penghentian visa umrah tersebut. Pihaknya juga kan memberikan informasi kepada para calon jamaah tentang informasi perkembangan pemberangkatan jamaah umrah ke Tanah Suci.

"Kita terus berkoordinasi dengan otoritas penerbangan setempat di Arab Saudi ( kota tujuan) serta akan terus mengumpulkan data dan berbagai keterangan," ungkapnya.

3. Layani penerbangan ke Madinah pada 29 Februari

Arab Saudi Hentikan Umrah, Penerbangan Solo - Jeddah Tetap BeroperasiIlustrasi bandara. IDN Times/Larasati Rey

Berdasarkan data yang didapat dari PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Solo. Maskapai Lion Air akan melakuakn penerbangan umrah untuk rute Solo-Madinah pada tanggal 29 Februari 2020 mendatang, pada pukul 08.15 WIB.

"Sampai sore ini belum ada informasi terkait pembatalan penerbangan umrah dari SOC di tanggal 29 Februari besok," ujar Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi.

Selain pemberangkatan, pada tanggal 1 Maret 2020, Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo akan menerima kepulang jamaah, pada pukul 09.45 WIB . Jamaah tersebut berangkat dari Jeddah, Arab Saudi pada tanggal 22 Februari 2020 lalu.

Baca Juga: Umrah Disetop Arab Saudi, Jemaah Indonesia di Madinah: Saya Baru Tahu

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya