Comscore Tracker

Kirab 1001 Tumpeng, Warga Solo Syukuran Jokowi-Ma’ruf Menang Pilpres

Lantunan doa untuk petugas KPPS yang gugur

Solo, IDN Times - Ribuan warga Kota Solo menggelar umbul donga dengan mengkirab 1001 tumpeng di Pendapi Gede, kompleks Balaikota Solo, Kamis (23/5)sore. Kirab sebagai syukuran dan bentuk kegembiraan masyarakat atas pengumuman KPU yang memenangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Baca Juga: Jokowi Menang Pilpres 2019, Pemimpin Dunia Ramai-ramai Ucapkan Selamat

1. Ungkapan syukur Pemilu 2019 lancar dan aman

Kirab 1001 Tumpeng, Warga Solo Syukuran Jokowi-Ma’ruf Menang PilpresSurakarta.go.id

Acara diawali dengan kirab atau arak-arakan tumpeng dari dari pelataran balai kota menuju Jalan Jenderal Sudirman dan finish di Pendapi Gede. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Wakil Wali Kota Achmad Purnomo, dan jajaran pejabat Pemkot Solo ikut dalam kirab.

“Umbul donga ini artinya ungkapan syukur karena Pemilu 2019 lancar dan aman. Lebih dari itu ini juga sebagai bentuk kegembiraan warga Solo atas kemenangan Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024,” kata Rudy, sapaan Wali Kota Solo.

Rudy menambahkan umbul donga juga bertujuan mendoakan Jokowi yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo akan lebih baik dalam membangun Indonesia dan menyejahterakan rakyat.

2. Warga menyantap tumpeng dan nasi bancakan

Kirab 1001 Tumpeng, Warga Solo Syukuran Jokowi-Ma’ruf Menang PilpresANTARA FOTO/Ari Wasita

Menurut Rudy, 1001 tumpeng yang dikirab melambangkan kepala negara yang hanya satu tapi melayani berjuta-juta rakyat Indonesia yang beragam, baik suku, agama, dan golongan. Rudy dan wakilnya, Achmad Purnomo, memimpin pawai yang masing-masing membawa tumpeng kecil.

Prajurit keraton yang membawa dua bendera merah putih berada di baris depan diikuti puluhan orang yang membawa tumpeng. Ratusan pegawai negeri sipil tokoh masyarakat, tokoh ahama dan warga Solo ikut dalam pawai tumpeng tersebut.

“Pemilu 2019 berjalan aman dan damai, tidak ada gejolak yang berarti. Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 55,50 persen, lebih dari 80 juta suara. Syukuran ini untuk mendoakan beliau, untuk Indonesia yang lebih baik," kata Rudy.

Seusai dikirab, tumpeng ditata di Pendapi Gede sebelum akhirnya disantap bersama warga saat berbuka puasa. Wali Kota Solo ikut bergabung menyantap tumpeng dan nasi bancakan bersama ratusan warga.

3. Doa untuk petugas KPPS yang meninggal dalam tugas

Kirab 1001 Tumpeng, Warga Solo Syukuran Jokowi-Ma’ruf Menang PilpresANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menurut Koordinator Gusdurian Jawa Tengah selaku penyelenggara, Husein Syifa, salah satu doa dalam umbul donga adalah mendoakan pejuang demokrasi, yakni petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang meninggal dunia dalam melaksanakan tugasnya.

Menurut dia, petugas KPPS berjasa besar dalam menyukseskan Pemilu 2019. Husein kemudian mengajak peserta umbul donga melantunkan doa untuk petugas KPPS yang gugur dalam menjalankan tugas mengawal Pemilu. 

“Yang lebih penting lagi, semoga semua pihak bisa menghormati proses demokrasi yang konstitusional. Pak Jokowi nantinya bisa menjalankan periode kedua dengan lebih baik, bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju dan sejahtera,” kata Husein.

Baca Juga: Jokowi Menang Quick Count, Walikota Solo Cukur Gundul

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Just For You