5.831 Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Libur Idul Adha di 

Ada 95 posko layanan disiagakan

Semarang, IDN Times  - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta menjaga keandalan pasokan listrik selama periode libur Idul Adha 1444 Hijriah. Sebanyak 5.831 personel diterjunkan untuk bersiaga di posko layanan yang tersebar di wilayah tersebut. 

1. Sebanyak 44 SPKLU siaga di Jateng dan DIY

5.831 Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Libur Idul Adha di PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sepanjang 2021. (Dok. PLN)

General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi mengatakan, dalam menjaga keandalan pasokan listrik Idul Adha tahun ini pihaknya menerjunkan 5.831 personel se-Jateng dan DIY.

‘’Jumlah itu terdiri dari 1.282 personel petugas PLN, 3.748 personel petugas Pelayanan Teknik dan Command Center, 106 personel petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan mitra kerja sebanyak 693 personel,’’ ungkapnya, Rabu (28/6/2023).

Personel yang bertugas tersebut akan bersiaga di 95 posko layanan, 66 lokasi siaga utama, 18 lokasi prioritas transportasi, 16 lokasi rest area, dan 44 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

‘’Dalam bekerja, mereka juga kami dibekali dengan armada kendaraan serta peralatan tercanggih dan paling up to date saat ini, seperti uninterruptable power supply (UPS), unit gardu bergerak (UGB), unit kabel bergerak (UKB), serta genset," jelasnya.

Baca Juga: Duh! 7.151 Rumah di Yogyakarta Masih Pakai Listrik dengan Mencantol

2. Personel PLN dibekali peralatan dan armada kendaraan

5.831 Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Libur Idul Adha di Petugas PLN sedang menjaga keandalan listrik. (dok. PLN)

PLN akan bekerja keras dalam menjaga pasokan listrik selama masa siaga kali ini. Hal itu karena libur panjang Idul Adha kali ini juga bertepatan dengan musim libur anak sekolah.

"Jawa Tengah dan DI Yogyakarta merupakan lokasi wisata yang sangat populer, sehingga berpotensi akan banyak wisatawan dari luar daerah yang akan menghabiskan liburannya disini sekaligus merayakan Idul Adha. Maka, pasokan listrik harus kita jaga sepenuhnya karena momentum ini pasti akan meningkatkan roda perekonomian daerah," kata Soffin.

3. Pasokan listrik dijamin aman

5.831 Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik saat Libur Idul Adha di Petugas PLN melakukan kunjungan ke rumah pelanggan untuk memberikan pelayanan (dok. PLN)

Untuk diketahui, pasokan listrik di Jateng dan DIY sangat cukup pada momen Idul Adha tahun ini. PLN bersama Dinas ESDM Jateng menjamin dengan tersedianya pasokan listrik masyarakat bisa melewati libur Idul Adha dengan nyaman.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah, Boedyo Dharmawan mengapresiasi dukungan keandalan pasokan listrik yang dilakukan PLN.

“Idul Adha 1444 H kali ini menjadi momentum spesial bagi masyarakat, karena kita telah resmi lepas 100 persen dari pandemik COVID-19. Sehingga, bisa melakukan beragam aktivitas seperti biasa, termasuk penyembelihan hewan kurban,’’ tandasnya.

Baca Juga: Aksi PLN Saat Bencana di Pantura Jateng, Bantu Warga dan Siagakan Perlengkapan Darurat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya