Ada 1.784 Calon Haji dari Semarang, 36 Orang Berusia 80 Tahun   

Mereka berangkat ke Tanah Suci mulai 23 Mei 2023

Semarang, IDN Times - Sebanyak 1.784 warga Kota Semarang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci pada tahun 2023. Saat ini mereka tengah bersiap mulai mengurus paspor hingga pembayaran biaya haji.

1. Calon haji dari Semarang terbanyak di Jateng

Ada 1.784 Calon Haji dari Semarang, 36 Orang Berusia 80 Tahun   Ilustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang mencatat, dari total jumlah 1.784 calon haji tahun 2023, sebanyak 36 calon jamaah haji berusia di atas 80 tahun. Kondisi tersebut berbeda dengan tahun 2022 sebagaimana calon haji maksimal berusia 65 tahun.

Kepala Kantor Kemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah mengatakan, calon haji yang diberangkatkan pada tahun 2022 maksimal berusia 65 tahun.

‘’Selain itu, banyak calon jamaah yang batal berangkat sehingga pada tahun ini mereka yang berusia di atas 80 tahun akan diprioritaskan,’’ ungkapnya, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga: Tingkatkan Transaksi Valas, BRI Gandeng Penyelenggara Haji Umroh di Jateng

2. Harus ada pendamping untuk calon haji lansia

Ada 1.784 Calon Haji dari Semarang, 36 Orang Berusia 80 Tahun   Ilustrasi calon jemaah haji usia diatas 65 tahun.(ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Menurut dia, dari total jumlah calon haji tersebut porsi keberangkatan calon haji dari Kota Semarang termasuk paling banyak di wilayah Jawa Tengah.

"Untuk Jateng, total sekitar 30 ribu calon haji berangkat tahun ini. Setiap kabupaten dan kota jumlahnya tidak sama. Untuk Kota Semarang, sebanyak 1.700-an termasuk paling banyak di Jateng," katanya.

Mengingat ada 36 calon jamaah haji usia lanjut di atas 80 tahun, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berharap, seluruh proses yang dijalani calon haji untuk pengurusan keberangkatannya beribadah haji bisa berjalan lancar, terutama untuk mereka yang berusia lanjut.

‘’Semestinya harus ada pendamping, tetapi sejauh ini belum dibahas tindak lanjutnya karena pendamping akan masuk ke dalam kuota,’’ ujarnya.

3. Menunggu proses pembuatan paspor dan pembayaran

Ada 1.784 Calon Haji dari Semarang, 36 Orang Berusia 80 Tahun   Ilustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Adapun, keberangkatan haji pada tahun ini dijadwalkan pada 23 Mei 2023. Namun, untuk keberangkatan kloter pertama di Kota Semarang belum bisa dipastikan karena akan diundi.

Untuk diketahui, lanjut dia, persiapan-persiapan akan dilakukan seperti tahun lalu. Tinggal nanti memonitor pembuatan paspor karena sekarang ini pembuatan paspor masih ada sekitar 70 persen sehingga kurang 30 persen.

‘’Selain itu, masih menunggu terkait pelunasan biaya haji karena biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) atau biaya yang dibayar langsung oleh calon haji rata-rata sebesar Rp49.812.700,26. Sehingga, untuk persiapan awal, Alhamdulillah sudah berproses semuanya dan sudah selesai. Tinggal prosesnya dari jamaah haji untuk melunasi biayanya ya sehingga baru ada kepastian yang berangkat ini siapa saja," tandasnya.

Baca Juga: Masa Tunggu Sampai 40 Tahun, 391 Calhaj Semarang Pilih Batalkan Ibadah Haji

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya