Kisah Dukun Bayi Urus Jenazah COVID-19 di Semarang Demi Kemanusiaan

Jadi perempuan satu-satunya di tim Kamboja

Semarang, IDN Times - Masih terpatri dalam ingatan Lasmiati, seorang dukun bayi di Gunungpati Kota Semarang saat kasus COVID-19 melonjak beberapa bulan lalu. Perempuan berusia 51 tahun yang biasanya mengurus ibu hamil dan bayi baru lahir itu mendadak harus ikut menjadi petugas pemulasaraan jenazah pasien terkena virus corona.

1. Satu-satunya perempuan di tim relawan

Kisah Dukun Bayi Urus Jenazah COVID-19 di Semarang Demi KemanusiaanLasmiati (kiri), dukun bayi di Gunungpati Semarang ikut memulasaraankan jenazah COVID-19. (dok. Tim relawan Kamboja)

Aktivitas itu terpaksa dilakukan karena banyak pasien COVID-19 yang tidak terurus hingga meninggal dunia di rumah. Mereka tidak bisa ke rumah sakit karena layanan kesehatan tersebut pun penuh dan sudah kewalahan tangani pasien COVID-19.

"Ketika itu kasus positif COVID-19 lagi tinggi-tingginya, begitupun kasus kematian di Kecamatan Gunungpati juga tinggi. Akhirnya, saya bergabung dengan Tim Kamboja dari Komunitas Relawan Gunungpati Peduli. Tim kami bertugas melakukan pemulasaraan jenazah COVID-19 di wilayah Kecamatan Gunungpati,’’ ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Selasa (16/11/2021).

Setiap hari selalu ada berita duka. Tim pemulasaraan jenazah pun mempunyai tugas yang cukup berat. Sebab, harus mengurus jenazah COVID-19 dua sampai tiga orang per hari. Jam kerja yang tidak pasti itu membuat para petugas rela pulang hingga pukul 02.00 WIB dinihari. Termasuk Lasmiati yang merupakan perempuan satu-satunya di tim relawan tersebut. 

Baca Juga: Kabar Gembira, Nol Kasus COVID-19 di Sekolah, PTM di Semarang Digelar

2. Sempat kewalahan menghadapi jenazah COVID-19

Kisah Dukun Bayi Urus Jenazah COVID-19 di Semarang Demi KemanusiaanLasmiati, dukun bayi di Gunungpati Semarang ikut memulasaraankan jenazah COVID-19. (dok. Tim relawan Kamboja)

Saat ada jenazah perempuan, hanya ia sendiri yang melakukan pemulasaraan. Namun, hal itu tak menjadi persoalan bagi Lasmiati. Hanya saja, ketika menghadapi jenazah berperawakan tinggi besar ia sempat kewalahan.

Akhirnya, ia meminta bantuan keluarga korban. Masalah pun berlanjut karena keluarga korban sempat menolak karena takut tertular virus corona.

"Keluarga aja awalnya menolak bantu karena jenazah positif COVID-19. Alasan takut tertular, saya lalu beri pengertian sampai akhirnya ada menantu korban mau bantu," katanya.

3. Dapat stigma dianggap orang gila

Kisah Dukun Bayi Urus Jenazah COVID-19 di Semarang Demi KemanusiaanTim relawan Kamboja di Gunungpati Semarang sedang mengurus jenazah COVID-19. (dok. Tim relawan Kamboja)

Tim pemulasaraan jenazah COVID-19 itu juga sempat mendapat stigma dari tetangga. Para tetangga menyebut mereka orang gila karena melakukan pekerjaan dan tidak dibayar selama berbulan-bulan.

‘’Kami disebut gendeng atau gila lantaran berani mengurus jenazah COVID-19 dan tidak dibayar. Tapi mau gimana lagi, ini kan demi kemanusiaan. Kerelaan saya melakukan tugas ini juga untuk menggugurkan kewajiban umat islam. Seperti diketahui dalam agama kewajiban mengurus jenazah COVID-19 hukumnya fardu kifayah, sebab banyak warga tak mau mengurus karena takut," jelasnya.

Meski tak dibayar, ia ikhlas melakukan tugas sebagai relawan yang dianggapnya sebagai panggilan jiwa itu. Kerja keras dan pengabdian yang ia lakukan itu semua akan terbayar suatu saat nanti.

‘’Saya senang mampu meringankan beban orang lain. Gusti Allah mboten sare, lemah teles Gusti Allah sing bakal bales, (red: Tuhan tidak tidur, ikhlas saja, Tuhan yang akan membalasnya kelak)" tuturnya.

4. Tim relawan Kamboja beranggotakan kuli bangunan sampai dukun bayi

Kisah Dukun Bayi Urus Jenazah COVID-19 di Semarang Demi KemanusiaanPemulasaraan jenazah dengan protokol COVID-19. Dok/Tim Pemulasaraan Polresta Malang Kota

Komunitas relawan Tim Kamboja tersebut sudah dikenal di wilayah Kecamatan Gunungpati. Ada sembilan orang dengan berbagai latar belakang mulai kuli bangunan, pedagang, hingga dukun bayi.

Perwakilan Gunungpati Peduli, Joko Susilo mengatakan, komunitas relawan tersebut dibentuk untuk merespons terhadap tingginya angka kematian pasien COVID-19 saat jalani isolasi mandiri.

"Semangat kami sama, menolong demi kemanusiaan. Sebab, dari awal kami juga sama, yaitu berkecimpung di dunia relawan. Jadi nggak kaget menghadapi berbagai tantangan di lapangan," katanya.

Saat ini, kasus COVID-19 di Kota Semarang melandai dan minim penambahan kasus kematian akibat virus corona. Kondisi itu membuat keberadaan relawan pemulasaraan belum terlalu dibutuhkan.

‘’Kendati demikian, kami akan selalu siap sedia andaikata sewaktu-waktu dibutuhkan untuk bertugas kembali. Dan semua demi kemanusiaan,’’ tandasnya.

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi COVID-19 buat Anak-anak di Semarang, Awas Kelewatan!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya