Listrik Padam di 17 Daerah Jateng dan DIY saat Pandemik Virus Corona

PLN belum sampaikan penyebab pasti terjadinya gangguan

Semarang, IDN Times - Pemadaman listrik terjadi di sebagian wilayah di Jawa Tengah dan DIY pada Sabtu (30/5) mulai 23.59 WIB, saat masa pandemik virus corona (COVID-19). Kondisi tersebut terpantau dari unggahan warganet di banyak media sosial. 

1. Warganet keluhkan pemadaman listrik di medsos

Listrik Padam di 17 Daerah Jateng dan DIY saat Pandemik Virus CoronaDok. PLN UID Jateng dan DIY

Seperti cuitan akun @wkwkypedia "sendirian, hujan, dan pemadaman listrik." 

Akun lain pun juga mencuit perihal yang sama, @gloriainexcdeo "Lampu ruang tamu kedip-kedip sendiri,  jam nunjukkin pas 00.00 tiba-tiba hujan deres (red: lebat).  Taunya pemadaman listrik sekampung."

Baca Juga: Virus Corona Merebak, Layanan Pelanggan PLN Jateng DIY Secara Online 

2. PLN konfirmasi pemadaman listrik

Pemadaman listrik terkonfirmasi melalui unggahan akun Instagram PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY.

"Kami sampaikan pada hari Sabtu, 30 Mei 2020, pukul 23.59 WIB telah terjadi gangguan  pada Sistem Jaringan Transmisi sehingga berdampak di beberapa wilayah Jateng dan DIY mengalami pemadaman," begitu ditulis pada akun @pln.jatengdiy.

Sambungnya, "Daerah terdampak antara lain di Batang, Kota Pekalongan, Kendal, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Banyumas, Kebumen, Cilacap, Kulon Progo, Purworejo, Temanggung, Pemalang, Brebes, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo."

3. Sebanyak 32 gardu induk sudah normal

Listrik Padam di 17 Daerah Jateng dan DIY saat Pandemik Virus CoronaIlustrasi (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Per Minggu (31/5) pukul 04.00 WIB, sudah ada 32 gardu induk yang sudah normal.

Sebelumnya sampai pukul 02.20 WIB, terdapat 17 gardu induk sudah normal dan 14 gardu induk masih terdampak. Adapun, gardu induk yang sudah normal diantaranya gardu induk Simpanglima, Srondol, Kalisari, Krapyak, Gombong, Rawalo, Cilacap, Stara, Lomanis, Kalibakal, Mrica, Wonosobo.

Saat dihubungi IDN Times, Minggu (31/5), Manager Humas PLN UID Jateng & DIY, Haris mengatakan, saat ini petugas PLN berupaya melakukan pemulihan agar listrik pelanggan bisa secepatnya kembali normal.

"Mohon maaf atas ketidaknyaman yang terjadi. Infomasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Centre PLN (Kode Area) 123," tuturnya.

Baca Juga: Giliran Pelanggan Bisnis dan Industri Kebagian Token Listrik Gratis

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya