Logistik Pemilu 2024 Mulai Tiba di Semarang, Pesta Demokrasi Sebentar Lagi

KPU Kota Semarang sudah menerima tinta dan bilik suara

Semarang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang mulai menerima logistik berupa tinta dan bilik suara untuk Pemilu 2024. Kebutuhan tersebut disimpan di Gudang Logistik KPU Kota Semarang di Kawasan Industri Candi Semarang.

1. Tinta dan bilik suara sudah tiba

Logistik Pemilu 2024 Mulai Tiba di Semarang, Pesta Demokrasi Sebentar LagiIlustrasi kotak suara. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Selama beberapa hari sarana untuk pesta demokrasi tiba dan diterima langsung oleh Komisioner KPU Kota Semarang. Pada Jumat (3/11/2023), sebanyak 2.024 tinta untuk kebutuhan 4.646 tempat pemungutan suara (TPS) tiba dari Tangerang.

Kemudian, Senin (6/11/2023), sebanyak 18.584 bilik suara menyusul datang dari Gresik dengan menggunakan empat truk. Tiga truk masing-masing mengangkut 5.000 bilik suara. Sedangkan, satu truk mengangkut 3.584 bilik suara.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan, setelah tinta dan bilik suara pihaknya akan menerima logistik kotak suara pada pekan depan.

Baca Juga: Potret Prabowo-Gibran Jelang Daftar ke KPU Selvi Ananda Dampingi Suami

2. KPU Semarang akan melaporkan jika logistik rusak

Logistik Pemilu 2024 Mulai Tiba di Semarang, Pesta Demokrasi Sebentar LagiIlustrasi surat suara (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

‘’Khusus untuk bilik suara kami memastikan untuk menjaga kelembapannya, sehingga akan tetap berada di dalam plastik. Kami juga akan menyortir bilik suara agar semua dalam kondisi baik dan tidak kurang,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa (7/11/2023).

KPU akan melakukan pengecekan terhadap logistik Pemilu 2024 itu. KPU akan melaporkan apabila ada kerusakan dan minta pergantian ke pusat.

‘’Sebab, pengadaan logistik Pemilu 2024 ini kan dari KPU RI, sehingga kami hanya menerima dan melakukan supervisi. Beda kalau pilkada, dari awal pun kami mengecek proses-prosesnya seperti apa," jelas pria yang akrab disapa Nanda.

3. Didistribusikan ke 4.646 TPS

Logistik Pemilu 2024 Mulai Tiba di Semarang, Pesta Demokrasi Sebentar LagiANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Tinta dan bilik suara yang sudah diterima itu ke depan akan didistribusikan ke 4.646 TPS di Kota Semarang, termasuk TPS khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kedungpane dan Lapas Wanita Bulu Semarang.

Sementara, KPU tidak akan merangkai bilik suara sekarang. Sebab, jika langsung dirangkai, potensi kerusakan akan lebih besar. Adapun, proses perangkaian bilik akan dilakukan mendekati hari H pesta demokrasi.

"Sedangkan, perakitan kotak suara akan dilaksanakan di Gudang Logistik KPU Kota Semarang. Setelah itu akan didistribusikan ke enam dapil di Semarang,’’ tandasnya.

Baca Juga: Anies dan Gus Imin ke Rumah Habib Husein, Minta Doa Pilpres 2024?

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya