Peminat Membludak, 43 Ribu Calon Siswa Daftar PPDB SD di Semarang

Masih banyak ortu siswa kurang paham sistem jalur PPDB

Intinya Sih...

  • Jumlah calon siswa TK dan SD yang mendaftar pada PPDB Kota Semarang 2024 melampaui target tahun sebelumnya.
  • Data Dinas Pendidikan Kota Semarang: pendaftar SD 14.503 calon siswa dari daya tampung 43.413 kursi, pendaftar TK 538 calon siswa dari daya tampung 410 kursi.
  • Tingkat partisipasi dalam pelaksanaan PPDB tahun ini tinggi dibanding tahun sebelumnya, namun masih banyak orang tua yang kurang paham sistem jalur PPDB.

Semarang, IDN Times - Jumlah calon siswa jenjang TK dan SD yang mendaftar pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Semarang 2024 membludak. Tingkat partisipasi pendaftar tersebut melampaui target atau meningkat dibandingkan PPDB tahun ajaran sebelumnya.

1. Tingkat partisipasi pendaftar tinggi

Peminat Membludak, 43 Ribu Calon Siswa Daftar PPDB SD di SemarangOrang tua calon siswa mendatangi Posko PPDB SD Negeri Pekunden Semarang karena kesulitan mendaftar secara online, Selasa (18/6/2024). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Semarang, jumlah pendaftar SD sebanyak 14.503 calon siswa dari daya tampung 43.413 kursi. Sementara, jumlah pendaftar TK sebanyak 538 calon siswa dari daya tampung 410 kursi.

Sekretaris PPDB Kota Semarang, Fajriah mengatakan, tingkat partisipasi dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru tahun ini tinggi dibanding tahun sebelumnya.

"Partisipasi dari masyarakat memang selalu besar dari tahun ke tahunnya. Tetapi kalau dilihat lebih tinggi tahun ini," ungkapnya, Senin (24/6/2024).

Baca Juga: Gaptek, Ortu Calon Siswa Datangi ke Sekolah di Hari Pertama PPDB

2. Proses PPDB berjalan lancar

Peminat Membludak, 43 Ribu Calon Siswa Daftar PPDB SD di SemarangOrang tua calon siswa mendatangi Posko PPDB SD Negeri Pekunden Semarang karena kesulitan mendaftar secara online, Selasa (18/6/2024). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Untuk diketahui, seluruh rangkaian proses PPDB jenjang TK dan SD tahun ini berjalan lancar. Meski terdapat kendala, Dinas Pendidikan Kota Semarang dapat melayani dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Kami sudah memberikan layanan terbaik sesuai regulasi yang ada, dan semuanya terlayani walaupun ada permasalahan-permasalahan di dalamnya. Persoalan itu di antaranya kurang pahamnya orang tua terkait sejumlah jalur penerimaan dalam PPDB 2024, yakni jalur zonasi, mutasi, afirmasi, dan mutasi,’’ jelas Fajriah.

3. Siapa pun tidak bisa intervensi PPDB

Peminat Membludak, 43 Ribu Calon Siswa Daftar PPDB SD di SemarangPendaftaran siswa baru di SDN Ngaliyan 04 masih sepi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut dia menyampaikan, agar para orang tua maupun calon peserta didik untuk tidak berkecil hati bila nantinya tak diterima di sekolah yang diimpikan. Sebab, dalam seleksi PPDB tahun ini bersih dari praktik titip-menitip, pungutan liar, maupun berbentuk gratifikasi.

"Diterima dengan sendirinya, tidak ada upaya orang lain karena siapa pun tidak bisa mengintervensi proses PPDB," ujarnya.

PPDB tahun ini mengacu pada Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas.

Dan Keputusan Sekjen Kemendikbudristek Nomor 47/M/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Baca Juga: SD Tutup Masih Terdaftar di Sistem PPDB Semarang? Ini Alasan Sekolah 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya