Pemkot Semarang Gandeng BRI Maksimalkan Fungsi Ruang Terbuka Hijau

Bangun taman Brillian Park sebagai ikon Semarang

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memaksimalkan ruang terbuka hijau (RTH) sebagai fasilitas publik. Yakni, dengan membangun taman Brillian Park di Simpang Eka Karya Jalan Pandanaran Semarang.

1. Pakai lahan seluas 450 meter

Pemkot Semarang Gandeng BRI Maksimalkan Fungsi Ruang Terbuka Hijauilustrasi kolam ikan dekat taman di tempat wisata(pexels.com/Ryutaro Tsukata)

Pembangunan taman kota tersebut memakai lahan seluas kurang lebih 450 meter persegi. Adapun, Brillian Park ini mengusung konsep taman pasif yang fungsinya untuk menambah RTH dan menciptakan Semarang yang lebih teduh dan asri.

Melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) BRI Peduli, BRI mengucurkan dana senilai Rp1,4 miliar untuk membangun Taman Brillian Park.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pembangunan Taman Brillian Park ini menjadi bukti nyata sinergi dan komitmen Pemkot Semarang dan BRI dalam menciptakan RTH bagi masyarakat.

"Pemerintah Kota Semarang menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada BRI yang telah memberikan CSR berupa taman. Ini tentunya akan memperindah Kota Semarang," ujar, Minggu (19/5/2024).

Baca Juga: Potensi Wisata Kampung Pelangi dan Taman Kasmaran Semarang Meredup

2. Tingkatkan RTH di Semarang

Pemkot Semarang Gandeng BRI Maksimalkan Fungsi Ruang Terbuka HijauPotret Taman Kearifan UGM (instagram.com/wisdompark_ugm)

Dengan lokasi taman yang berada di tengah kota, diharapkan Taman Brilian Park menjadi ikon baru RTH di Kota Semarang. Selain itu, dapat menginspirasi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan RTH di Ibu Kota Jawa Tengah.

"Saya mengajak semua untuk bersama-sama menjaga dan merawat Taman Brillian Park ini," ujarnya.

3. BRI bangun taman-taman baru di Semarang

Pemkot Semarang Gandeng BRI Maksimalkan Fungsi Ruang Terbuka Hijauilustrasi taman yang dipenuhi bunga (pexels.com/Egor Komarov)

Sementara itu, PGS Pemimpin Cabang BRI Semarang Pandanaran, Nurning Widayati mengatakan, pembangunan Taman Brillian Park ini salah satu bentuk support mendukung adanya ruang terbuka hijau di Kota Semarang.

"Tidak hanya agar enak dipandang, taman Brillian Park juga bisa berfungsi sebagai pedestrian, bahkan ruang kreatif bagi masyarakat. Harapannya bisa mensupport taman-taman lain, seperti di Pattimura dan empat lokasi lain yang bisa kita wujudkan taman-taman baru bagi masyarakat Kota Semarang," katanya.

Baca Juga: Cerita Rizqi Ketagihan Jadi PPS di Semarang, Daftar Lagi di Pilkada 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya