Serapan Kabupaten Semarang Baru 49 Persen, Tim Vaksinasi Keliling Desa

Biar herd immunity segera terbentuk. Yuk!

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Semarang melansir, serapan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Semarang hingg Minggu (21/11/2021) baru 49,97 persen warga dari 830.815 penduduk yang sudah divaksinasi dosis pertama dan kedua. 

Pemerintah Kabupaten Semarang melansir, penerima vaksin dosis pertama telah mencapai 602.648 jiwa atau 72,54 persen. Sedangkan, warga yang sudah divaksinasi lengkap baru mencapai 415.149 jiwa atau 49,97 persen. 

1. Serapan vaksin lansia dosis pertama capai 80 persen

Serapan Kabupaten Semarang Baru 49 Persen, Tim Vaksinasi Keliling DesaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengatakan, dari capaian tersebut serapan vaksinasi lansia mencapai 80 persen dari populasi lansia untuk dosis pertama atau sebanyak 83.435 jiwa.

‘’Meski belum semuanya (warga divaksinasi), hasil ini merupakan keberhasilan dari kerja keras berbagai elemen baik pemerintah daerah, sektor swasta dan juga masyarakat yang telah bahu membahu menyukseskan program vaksinasi di Bumi Serasi ini,’’ ungkapnya di sela memantau program vaksinasi di Balai Desa Watuagung, Tuntang, Sabtu (20/11/2021).

Seiring penurunan kasus COVID-19 dan kini berstatus PPKM Level 1, Pemkab Semarang masih terus menggencarkan program vaksinasi dengan melibatkan instansi pemerintah, TNI dan Polri, serta sektor swasta seperti Djarum Foundation.

“Dengan demikian, tugas kita belum selesai. Kekebalan komunal dapat terbentuk jika mayoritas warga telah mendapatkan vaksin dosis lengkap. Hal ini yang menjadi fokus dan upaya kami mendorong agar semakin banyak warga menerima vaksin dosis kedua,’’ tuturnya.

Baca Juga: 156 Ribu Pelajar Semarang Sudah Vaksinasi, Dinas Minta Jam PTM Tambah

2. Vaksinasi dosis kedua targetkan 60 ribu warga

Serapan Kabupaten Semarang Baru 49 Persen, Tim Vaksinasi Keliling DesaVaksinasi sopir dan driver ojek online di Tangerang (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sehingga, lanjut dia, tidak ada cara lain yakni melibatkan seluruh pihak untuk berkolaborasi dalam program vaksinasi dosis kedua ini.

Dalam program vaksinasi dosis kedua ini, Pemkab Semarang menargetkan 60 ribu penduduk dari 19 kecamatan akan menerima vaksin dosis kedua dalam rentang waktu 8 November hingga 3 Desember mendatang.

Pemkab Semarang kembali bekerja sama dengan Djarum Foundation, Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang dan Polres Semarang dalam menyalurkan dan menjangkau warga yang menjadi target vaksinasi.

Ngesti menjelaskan, target 60 ribu penduduk dari program vaksinasi ini diharapkan mampu memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan vaksinasi dosis kedua. Program ini juga memacu seluruh puskesmas di Kabupaten Semarang turut gencar menggelar vaksinasi.

3. Vaksinasi dosis kedua berlangsung 27 September--22 Oktober 2021

Serapan Kabupaten Semarang Baru 49 Persen, Tim Vaksinasi Keliling DesaTim vaksin keliling jemput bola melakukan vaksinasi pada warga Kabupaten Semarang. (dok. Djarum Foundation)

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto mengatakan, pihaknya berupaya untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di Kabupaten Semarang. Sebab, kekebalan komunal merupakan aspek penting yang dapat membawa bangsa ini lekas keluar dari pandemik COVID-19.

“Cara paling efektif mengakhiri pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun ini ialah dengan membentuk kekebalan komunal melalui program vaksinasi, Untuk itu, kami mendukung upaya Pemkab Semarang memberikan vaksin agar semakin banyak warga yang mendapatkan dosis lengkap. Tak hanya di Semarang, dukungan serupa juga kami lakukan di Kudus,” ujarnya.

4. Tarik minat warga dengan pembagian doorprize

Serapan Kabupaten Semarang Baru 49 Persen, Tim Vaksinasi Keliling DesaPemkab Semarang gandeng TNI dan Polri serta Djarum Foundation untuk percepat program vaksinasi. (dok. Djarum Foundation)

Program vaksinasi dosis kedua ini merupakan lanjutan dari program vaksin dosis pertama yang telah berjalan pada 27 September hingga 22 Oktober 2021. Vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac dari Pemerintah Kabupaten Semarang dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang.

‘’Kami dirikan sentra vaksinasi di Ambarawa dan meluncurkan tiga tim vaksin keliling yang jemput bola ke berbagai kecamatan. Namun, berdasarkan evaluasi dari vaksinasi sebelumnya mulai sekarang kami menambah tim vaksin keliling ke berbagai wilayah Kabupaten Semarang,’’ tuturnya.

Djarum Foundation menerjunkan 10 tim vaksin keliling pada program vaksinasi tahap dua ini. Sehingga, dapat menjangkau hingga ke tingkat dusun dan melayani seluruh warga yang sebelumnya sudah divaksin tahap satu.

Adapun, tak kurang dari 70 tenaga kesehatan juga diterjunkan untuk bertugas sebagai vaksinator didampingi dengan para dokter untuk memastikan proses vaksinasi berjalan lancar.

‘’Kami juga menerjunkan sekitar 200 relawan yang akan ambil bagian dalam tim vaksin keliling. Kemudian, sebagai upaya menarik minat masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi dosis kedua ini, Djarum Foundation juga menyediakan apresiasi bagi masyarakat berupa doorprize empat unit sepeda motor, 10 televisi dan 20 unit mountain bike,’’ tandas Achmad.

Baca Juga: Cegah Kedaluwarsa, IDI Semarang Minta Dinkes Awasi Ketat Distribusi Vaksin COVID-19

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya