Tekan Angka Pengangguran di Semarang, Grab Serap 5.000 Orang Jadi Mitra

Upaya memperluas peluang pendapatan masyarakat

Semarang, IDN Times - Grab menargetkan bisa menyerap 5.000 warga di Kota Semarang untuk bergabung dalam ekosistem aplikasi online tersebut. Upaya itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam memperoleh pendapatan baru sekaligus menekan angka pengangguran di Ibu Kota Jawa Tengah. 

1. Grab Acquisition Center beri kesempatan masyarakat menjadi mitra

Tekan Angka Pengangguran di Semarang, Grab Serap 5.000 Orang Jadi MitraMasyarakat Kota Semarang memanfaatkan kesempatan untuk mendaftar menjadi mitra Grab di Grab Acquisition Center. (Dok. Grab Indonesia)

Dalam upaya ini Grab berkolaborasi dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Semarang dan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY. Grab Acquisition Center dihadirkan agar masyarakat dapat meraih peluang pendapatan baru melalui teknologi ke dalam ekosistem Grab sebagai mitra pengemudi dan mitra pengantaran. 

Kegiatan tersebut sudah berlangsung pada 7–16 Desember 2021 di Sentraland Mall Semarang. Adapun, melalui proses itu Grab menargetkan 5.000 orang yang mendaftarkan diri secara online maupun offline dapat terserap menjadi mitra.

Baca Juga: 500 Motor Listrik Grab Mengaspal di Semarang, Siap Antar Pesananmu Lur

2. Angka pengangguran terbuka di Semarang sebanyak 9,53 persen

Tekan Angka Pengangguran di Semarang, Grab Serap 5.000 Orang Jadi MitraIlustrasi pegawai pabrik. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Semarang, Sutrisno mengatakan inisiatif Grab dalam menghadirkan Grab Acquisition Center memberikan peluang bagi masyarakat Kota Semarang dalam memperoleh peluang pendapatan. 

‘’Untuk saat ini tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kota Semarang mencapai 9,53 persen. Kami berharap, melalui kolaborasi ini dapat membantu pemerintah daerah dalam membuka peluang penghasilan. Sehingga, upaya ini sekaligus dapat menurunkan angka pengangguran di Semarang dan meningkatkan perolehan ekonomi daerah,” katanya, Sabtu (18/12/2021).

3. GrabForGood gerakkan roda perekonomian lokal

Tekan Angka Pengangguran di Semarang, Grab Serap 5.000 Orang Jadi MitraPerempuan yang bekerja sebagai mitra grab (IDN Times/Public Relations Grab)

Grab Acquisition Center ditujukan bagi warga berusia 18–60 tahun yang berdomisili di wilayah Semarang. Bagi pendaftar wajib membawa kelengkapan dokumen untuk kebutuhan administrasi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), nomor rekening bank serta membawa kendaraan milik pribadi dengan tahun produksi minimal 2014.  

City Manager of Central Java Grab Indonesia, Ramdan Fitriyadi menyampaikan, melalui Grab Acquisition Center ini pihaknya berharap masyarakat Semarang nantinya dapat merasakan manfaat kehadiran ekonomi dan literasi digital yang inklusi di masa pandemik ini. 

‘’Hal ini sejalan dengan misi GrabForGood untuk memberikan dampak positif bagi semua orang melalui kehadiran platform kami. Semoga kegiatan ini juga dapat membantu pemerintah daerah untuk terus menggerakkan roda perekonomian lokal dengan memperluas peluang pendapatan bagi masyarakat di Semarang,” tandasnya.

Baca Juga: Selama Pandemik Aksi Pedofil Marak di Semarang, Pelaku Pengangguran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya