Hari ini Koper Pertama Calon Haji Jateng  Diterbangkan ke Tanah Suci

Cek barang-barang yang dilarang dibawa

Boyolali, IDN Times - Sebanyak 352 koper milik jamaah calon haji asal Kabupaten Grobogan yang merupakan kelompok terbang (kloter) pertama tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali pada Senin (22/5/2023).

Koper-koper tersebut diangkut menggunakan truk Kantor Pos Grobogan yang kemudian diterima oleh Satgas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Baca Juga: Tips Agar Jemaah Haji Tak Tersesat dan Larangan yang Berlaku di Saudi

1. Koper dari empat kloter telah sampai di asrama haji

Hari ini Koper Pertama Calon Haji Jateng  Diterbangkan ke Tanah SuciIlustrasi jamaah calon haji mengikuti pemeriksaan kesehatan ulang. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe))

Menurut keterangan dari humas Satgas PPIH AHD Boyolali Gentur Rahma, Asrama Haji Donohudan menerima koper dari empat kloter yakni kloter pertama dan kedua dari Kabupaten Grobogan, kloter tiga Kabupaten Grobogan dan Demak, kloter empat Kabupaten Demak yang kesemuanya akan diterbangkan Selasa (23/5/2023).

"Begitu truk pembawa koper sampai, diturunkan oleh petugas kloter, terus disini nanti akan dilakukan skrining koper, semoga jamaah haji semuanya bisa memenuhi ketentuan yang telah disampaikan oleh petugas haji daerah, larangan-larangan dalam tas koper bisa diindahkan." katanya.

Disampaikan Guntur, barang yang dilarang untuk dibawa seperti magic jar, korek api, senjata tajam, senjata api, jamu dan obat-obatan khusus serta uang dalam jumlah banyak. Jika terbukti ada jamaah yang membawa maka akan dipanggil petugas daerahnya untuk menjadi saksi saat dikeluarkan dari dalam koper.

2. Tahun ini koper memiliki bahan yang lebih ramah dibawa jamaah lanjut usia

Hari ini Koper Pertama Calon Haji Jateng  Diterbangkan ke Tanah SuciANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Guntur menambahkan, jika koper jamaah calon haji tahun ini berbeda dengan tahun kemarin karena bahan koper jamaah calon haji sekarang model travelling yang fleksibel terbuat dari fiber tahan air sehingga lebih memudahkan jika dibawa oleh jamaah lanjut usia.

Dikatakannya, koper yang diperoleh dari pusat ini satu paket yang terdiri dari koper besar, koper tenteng dan tas tenteng yang dilengkapi dengan kain pelapis koper.

"Lebih ramah dibawa istilahnya, jadi akses maju mundurnya lebih enak." katanya.

3. Asrama Haji Donohudan siapkan 279 Satgas

Hari ini Koper Pertama Calon Haji Jateng  Diterbangkan ke Tanah SuciIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sebanyak 270 Satuan Tugas (Satgas) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, mulai masuk, Minggu (21/05/2023).

Pada musim haji tahun 1444 H / 2023 M, Embarkasi Asrama Haji Donohudan akan memberangkatkan 33.524 jemaah dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang akan terbagi menjadi 95 kelompok terbang.

Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) AHD, H. Fitriyanto, mengatakan, di AHD terdapat 270 Satgas yang akan membantu 23 PPIH di bidang-bidang layanan selama musim haji tahun 1444 H / 2023 M.

Baca Juga: Siap Berangkatkan Jemaah Haji 2023, Kemenag Gladi Posko di Asrama Haji

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya