Keamanan Bandara Solo Diperketat Sambut Tamu Pernikahan Kaesang

Penambahan personel keamanan

Surakarta, IDN Times - Pengamanan di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali diperketat antisipasi kedatangan tamu VIP dan VVIP yang bakal menghadiri acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (11/12/2022).

1. Penambahan personel keamanan

Keamanan Bandara Solo Diperketat Sambut Tamu Pernikahan KaesangKondisi Bandara Adi Soemarmo, Solo yang sedang mengalami penurunan penumpang (IDNTimes/Larasati Rey)

Satu diantara upaya memperketat keamanan yakni penambahan personel keamanan. Pihak bandara juga intens berkoordinasi dengan TNI Angkatan Udara Lanud Adi Soemarmo, Polres Boyolali, Koramil Ngemplak, BIN, dan BAIS yang akan turut melakukan penjagaan di Bandara Adi Soemarmo selama acara berlangsung.

Pihak Angkasa Pura juga telah berkoordinasi dengan anak perusahaan, yaitu Angkasa Pura Support untuk mendatangkan X-Ray dan WTMD.

"Sebanyak satu buah X-Ray dan satu walk through metal detector didatangkan Angkasa Pura Support dari Yogyakarta International Airport dan siap dioperasikan pada H-4 acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan.

2. Gunakan X Ray dan metal detector

Keamanan Bandara Solo Diperketat Sambut Tamu Pernikahan KaesangIlustrasi (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sementara untuk menjamin keamanan tamu VIP dan VVIP, pengelola bandara akan menerapkan prosedur standar keamanan berupa pemeriksaan bagasi, pemeriksaan penumpang, pemeriksaan kendaraan menggunakan mirror under vehicle bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati akses terminal kargo.

Sedangkan, bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati terminal domestik akan dilakukan pemeriksaan bagasi melalui X-Ray Passenger Security Checkpoint (PSCP), pemeriksaan penumpang menggunakan Walk Through Metal Detector (WTMD) dan hand held metal detector (HHMD).

"Bandara Adi Soemarmo secara keseluruhan siap untuk mendukung kelancaran acara pernikahan putra bungsu Presiden RI," katanya.

3. Menampung hingga 34 pesawat

Keamanan Bandara Solo Diperketat Sambut Tamu Pernikahan KaesangIlustrasi pesawat di bandara. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Pengelola Bandara Adi Soemarmo telah melakukan beberapa penyesuaian mulai dari penyesuaian lahan parkir pesawat hingga penambahan personel keamanan untuk mengantisipasi pergerakan tamu VIP dan VVIP yang akan menghadiri acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo.

"Kami akan melakukan penyesuaian agar parking stand Bandara Adi Soemarmo dapat menampung hingga 34 Pesawat, namun kami pastikan penyesuaian itu tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan, di Boyolali.

Sementara itu, berdasarkan data di Bandara Adi Soemarmo hingga Jumat, dari tanggal 7 hingga 13 Desember, tercatat ada 45 permintaan area parkir untuk pesawat carter, dua permintaan untuk pesawat kepresidenan dan lima permintaan dari maskapai penerbangan untuk mengganti tipe pesawat yang lebih besar.

Baca Juga: Bocoran Menu dan Dekorasi Pernikahan Kaesang-Erina di Mangkunegaran

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya