Pangdam Diponegoro: Prajurit Korban Heli MI-17 Adalah Para Pahlawan

Empat prajurit dikebumikan di TMP Giri Tunggal Semarang

Semarang, IDN Times - Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen M Effendi memimpin pemakaman empat prajurit TNI yang gugur dalam kecelakaan Helikopter MI-17 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua beberapa waktu yang lalu.

Selasa, (18/2) Pangdam memimpin langsung upacara pemakaman yang dilangsungkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal Semarang.

Baca Juga: Anak Korban Helikopter M-17 Dapat Firasat Ayahnya Datang Dalam Mimpi

1. Anggota TNI yang gugur merupakan para prajurit yang diterbangkan dari Papua tujuan Semarang

Pangdam Diponegoro: Prajurit Korban Heli MI-17 Adalah Para PahlawanPrajurit TNI membawa peti jenazah korban kecelakaan Heli MI-17 saat upacara pelepasan di Hanggar Base Ops Lanud Silas Papare Sentani, Jayapura, Papua, Senin (17/2/2020).ANTARA FOTO/Gusti Tanati/ama

Pangdam memimpin langsung upacara pemakaman keempat prajurit yakni masing-masing Mayor CPN Anumerta Aris Afik Novian, Mayor CPN Bambang Saputra, Kapten CPN Anumerta Ahwar Affandi, dan Serma Anumerta Suriatna Wijaya Kusuma.

Para prajurit tersebut merupakan bagian dari tujuh prajurit gugur yang diterbangkan dari Papua dengan tujuan Semarang.

2. Para prajurit TNI yang gugur layak mendapatkan kehormatan dimakamkan sebagai pahlawan

Pangdam Diponegoro: Prajurit Korban Heli MI-17 Adalah Para PahlawanProsesi pemakaman empat prajurit yang gugur dalam kecelakaan Heli MI-17 di TMP Tunggal Giri Semarang, Selasa. ANTARA/ I.C.Senjaya

Ketujuh jenazah prajurit tersebut tiba di Semarang pada Senin (17/2) malam setelah diterbangkan dari Papua.

Pangdam mengatakan keempat prajurit ini gugur dalam tugas sehingga mendapat kehormatan untuk dimakamkan sebagai pahlawan.

"Kepada almarhum mohon dimaafkan segala kesalahannya. Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan dan kesabaran," katanya.

3. Diberi kenaikan pangkat satu tingkat

Pangdam Diponegoro: Prajurit Korban Heli MI-17 Adalah Para PahlawanKarangan bunga berjejer di depan rumah mendiang Bambang Saputra. IDN Times/Fariz Fardianto

Melansir dari Antara Pangdam Diponegoro menambahkan kepada keempat prajurit TNI ini juga diberi kenaikan pangkat satu tingkat.

Dalam pemakaman tersebut hadir pula Kapolda Jawa Tengah Rycko Amelza Dahniel.

Selain empat prajurit yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal tiga jenazah lainnya, masing-masing Sertu Anumerta Dita Ilham Primojati, Kopda Anumerta Dwi Purnomo, dan Praka Anumerta Asharul Mashudi, langsung dipulangkan ke tempat asal setibanya di Semarang.

Sertu Anumerta Dita Ilham akan langsung dipulangkan ke rumah duka di Banyumas, Kopda Anumerta Dwi Purnomo menuju Magetan, Jawa Timur, dan Praka Anumerta Asharul akan dipulangkan ke Bojonegoro, Jawa Timur.

Baca Juga: Hilang Sejak Juni 2019, Puing Diduga Helikopter MI-17 TNI AD Ditemukan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya