Peringatan BMKG: Hujan dan Petir, Warga Banjarnegara Diminta Waspada

Hujan dan angin kencang di Solo Raya

Banjarnegara, IDN Times - Prakiraan cuaca wilayah Jawa Tengah, Sabtu (28/12). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Banjarnegara.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir.

Baca Juga: Cuaca Jateng Hari Ini, Pantura Timur dan Soloraya Dilanda Hujan Lebat

1. BMKG imbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan

Peringatan BMKG: Hujan dan Petir, Warga Banjarnegara Diminta WaspadaIlustrasi hujan (IDN Times/Dwifantya Aquina)

"Banjarnegara berpotensi hujan disertai petir pada Sabtu dan kami mengimbau warga untuk tidak panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jumat.

Dia menjelaskan, berdasarkan prakiraan cuaca Kabupaten Banjarnegara diketahui bahwa terdapat potensi hujan di wilayah itu mulai pukul 13.00 waktu setempat.

"Namun potensi hujan yang disertai petir diprakirakan akan terjadi pada sore hari sekitar pukul 16.00 waktu setempat," katanya.

2. Sebagian besar wilayah Banjarnegara akan mengalami cuaca ekstrem

Peringatan BMKG: Hujan dan Petir, Warga Banjarnegara Diminta WaspadaANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Dia juga mengatakan potensi hujan terdapat di hampir seluruh wilayah di Banjarnegara kecuali Kecamatan Mandiraja dan Susukan.

"Kedua kecamatan tersebut berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," katanya.

Sementara itu, dia juga menambahkan potensi cuaca ekstrem diprakirakan akan terus meningkat mengingat puncak musim hujan akan berlangsung pada Januari hingga Februari.

3. Sebanyak 17 kota di Jateng bakal diguyur hujan lebat

Peringatan BMKG: Hujan dan Petir, Warga Banjarnegara Diminta WaspadaHujan deras dan angin kencang di Tegal, Rabu (11/12). (IDN Times/Haikal Adithya)

Sementara itu berdasarkan prakiraan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani untuk wilayah Jateng 17 kota diperkirakan bakal mengalami hujan sedang hingga lebat. Wilayah tersebut diantaranya Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Temanggung, Kajen, Slawi, Magelang, Bumi Ayu, Majenang

Sedangkan untuk Semarang, cuaca umumnya berawan. Potensi hujan sedang yakni pada siang dan sore hari.

Wilayah Jawa Tengah umumnya berawan siang hingga sore. Awal malam umumnya hujan ringan. Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan diikuti angin kencang di wilayah pegunungan. Pesisir Selatan sisi Utara dan sebagian Solo Raya.

Baca Juga: Tetap Semangat, Ini 5 Tips Menghadapi Musim Hujan di Hari Kerja!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya