Puncak Arus Mudik Masuk Tol Kalikangkung Diperkirakan H-3 Lebaran

Bakal diberlakukan one way hingga gerbang tol Bawen

Semarang, IDN Times - Puncak arus mudik yang masuk di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, diperkirakan terjadi H-3 Lebaran. Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memperkirakan puncak arus kendaraan dari wilayah barat yang masuk provinsi Jawa Tengah melalui Gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada tanggal 18 April 2023.

Baca Juga: Tol Fungsional Solo-Jogja Mulai Beroperasi, Gratis! 

1. Diperkirakan sebanyak 3.000 kendaraan per jam di saat jam puncak

Puncak Arus Mudik Masuk Tol Kalikangkung Diperkirakan H-3 LebaranKapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. (Dok Humas Polda Jateng)

Kapolda mengatakan pada puncak arus mudik yang masuk gerbang Tol Kalikangkung tersebut diperkirakan sebanyak 3.000 kendaraan per jam di saat jam puncak.

"Beban arus diperkirakan akan capai 3.000 kendaraan per jam saat puncak," kata Kapolda.

Menurut dia, saat puncak arus mudik di Gerbang Tol Kalikangkung tersebut bersamaan dengan pemberlakuan arus satu arah dari barat.

"Manakala di Kalikangkung nanti beban lalu lintas masih berat, akan dilakukan one way lokal hingga Pintu Tol Bawen," katanya.

2. Sudah terjadi peningkatan arus kendaraan sebesar 15 persen masuk gerbang tol Kalikangkung

Puncak Arus Mudik Masuk Tol Kalikangkung Diperkirakan H-3 LebaranAntrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). (Antara/Aji Styawan)

Dijelaskan pula bahwa tim pengurai juga sudah disiapkan untuk bantu atasi kepadatan di jalur konvensional saat pemberlakuan one way.

Hingga H-7 Lebaran, lanjut dia, sudah terjadi peningkatan sekitar 15 persen untuk arus kendaraan yang masuk melalui Gerbang Tol Kalikangkung.

3. Siapkan 17 gardu tol layani one way

Puncak Arus Mudik Masuk Tol Kalikangkung Diperkirakan H-3 LebaranGerbang Tol Kalikangkung (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang Batang Nasrullah mengatakan bahwa Gerbang Tol Kalikangkung siap menghadapi pemberlakuan one way saat puncak arus mudik.

Nasrullah menyebutkan 17 gardu tol akan untuk melayani kendaraan saat pemberlakuan one way yang akan masuk ke Kalikangkung.

"Ditambah pula sejumlah mobile reader untuk membantu mempercepat transaksi," katanya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga Semarang Batang memperkirakan jumlah kendaraan yang akan masuk ke Jawa Tengah melalui Gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada arus mudik Lebaran 2023 sebanyak 636.418 unit.

Baca Juga: Jelang Cuti Lebaran, Sudah Ada 1.200 Kendaraan Masuk Tol Kalikangkung

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya