Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas, Guguran Sejauh 1,2 kilometer

Statusnya masih Waspada

Semarang, IDN Times - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan awan panas guguran pada Kamis (20/6) pagi. Hal tersebut diketahui melalui akun resmi Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Baca Juga: Petugas Pengamat Gunung Merapi, Rela  Sendirian saat Lebaran

1. Warga di sepanjang Kali Gendol diminta waspada

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas, Guguran Sejauh 1,2 kilometerTwitter.com/@BPPTKG

Luncuran awan panas terjadi pukul 09:17 WIB. Awan panas tersebut tercatat di seismogram BPPTKG dengan amplitudo 75 mm dan berdurasi 120 detik.

Jarak luncur awan panas tersebut mencapai 1,2 kilometer, mengarah ke tenggara atau ke arah hulu Kali Gendol, Sleman. BPPTKG mengimbau kepada warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, seiring semakin jauhnya jarak luncur awan panas.

2. Tidak terpancing isu-isu erupsi yang tidak jelas

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas, Guguran Sejauh 1,2 kilometerTwitter.com/@BPPTKG

Gunung Merapi terpantau tidak pernah memuntahkan awan panas dalam beberapa hari terakhir. Hanya terdapat beberapa guguran-guguran lava.

Seperti yang teramati pada sepanjang Rabu (19/6), tercatat sebanyak 12 kali guguran lava dengan jarak luncur mencapai satu kilometer. BPPTKG meminta kepada masyarakat untuk tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya.

3. Status Waspada sejak 2018

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas, Guguran Sejauh 1,2 kilometerANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Meskipun aktivitas vulkanik meningkat, status Gunung Merapi masih Waspada atau level II. Status tersebut ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

BPPTKG masih merekomendasikan tidak adanya kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana. Selain itu juga warga diminta untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Baca Juga: 13 Potret Gunung Merapi yang Sedang Berstatus Waspada, Menegangkan!

Topik:

Berita Terkini Lainnya