Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing, Semua Jalur Pendakian Ditutup

Masih ada 25 pendaki yang berada di puncak

Semarang, IDN Times – Kebakaran melanda sebagian hutan di lereng Gunung Sumbing, yang berada di kawasan Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Meskipun tidak memakan korban, semua jalur pendakian ke gunung yang mempunyai ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu ditutup.

1. Hutan milik Perhutani yang terbakar

Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing, Semua Jalur Pendakian DitutupANTARA FOTO/Anis Efizudin

Wilayah hutan yang mengalami kebakaran di lereng Gunung Sumbing terdapat di Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Awal mula kebakaran diketahui oleh warga sekitar pada Minggu, 11 Agustus 2019, sekitar pukul 17.00 WIB.

Hutan yang terbakar tersebut berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kleseman Bagian-bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonosobo Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kedu Utara, milik PT Perhutani. Kebakaran tersebut meluas ke arah utara masuk ke wilayah Bowongso, Kabupaten Wonosobo, dan ke timur ke wilayah Kajoran atau Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

"Penyebabnya masih dalam penyelidikan," kata Ketua Tim Search and Rescue (SAR) Bimo Lukar, Wahab Abdillah kepada IDN Times melalui pesan pendek, Senin (12/8).

Baca Juga: Kebakaran di Gunung Sumbing Bertambah Jadi 5 Titik

2. Lebih dari 80 orang melakukan pemadaman

Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing, Semua Jalur Pendakian DitutupANTARA FOTO/Seno

Sejumlah petugas dari kepolisian, SAR, dan warga yang berjumlah 84 orang telah berhasil melakukan upaya pemadaman. Pemadaman melalui jalur Dusun Larangan, Desa Banyumundal. Sebanyak empat titik api berhasil dipadamkan.

Meskipun sudah padam, sejumlah petugas hingga saat ini masih berjaga-jaga bersama warga setempat di sekitar lokasi terjadinya kebakaran.

"Sudah padam sekitar pukul 04.00 WIB, Senin, 12 Agustus 2019," kata Koordinator Forum Pengelola Gunung Sumbing (FPGS), Lilik Setiyawan saat berkomunikasi dengan IDN Times.

3. Semua jalur pendakian ditutup

Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing, Semua Jalur Pendakian DitutupDok. FPGS

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 12 jalur pendakian ke puncak Gunung Sumbing ditutup. Pengumuman penutupan diumumkan FPGS melalui surat edaran bernomor 06/SE/FPGS/2019.

"Penguman ini kami sampaikan, kiranya dapat disebarluaskan kepada segenap pecinta alam dan peminat pendakian serta pihak terkait lainnya," tutup surat tersebut.

Penutupan dilakukan untuk menghindari adanya kebakaran susulan maupun yang merembet ke jalur pendakian. Ditanya kapan akan dibuka, Lilik menyatakan akan menunggu perkembangan lebih lanjut.

"Penutupan sampai batas waktu yang ditentukan. Sekiranya aman akan kami buka kembali," imbuh Lilik.

4. Masih ada puluhan pendaki di puncak

Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing, Semua Jalur Pendakian DitutupANTARA FOTO/Seno

Saat ini masih terdapat 25 pendaki yang berada di sekitar Gunung Sumbing. Mereka sudah diimbau untuk turun.

"Yang melalui jalur pendakian Butuh Kaliangkrik, Magelang masih ada 25-an pendaki dan pagi ini (Senin, 12 Agustus 2019) saya imbau (mereka) untuk turun semua. Antisipasi ada kebakaran lagi," tegas Lilik.

Kebakaran tersebut tidak memakan korban jiwa. Pihak terkait masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran yang melanda lereng Gunung Sumbing.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan di 2019, BNPB: Solusinya Harus Permanen 

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya