Listrik Padam, Kedatangan KA di Jalur Selatan Molor Hingga 3,5 Jam

Sebanyak 9 kereta api terlambat 

Purwokerto, IDN Times - Perjalanan sejumlah kereta api (KA) lintas selatan Jawa mengalami keterlambatan, hal ini disebabkan akibat gangguan listrik yang terjadi di Jakarta serta sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Keterlambatan terjadi sejak Minggu (4/8) hingga Senin (5/8). Tidak tanggung-tanggung keterlambatan mencapai 225 menit atau lebih dari 3,5 jam. 

Baca Juga: Dampak Listrik Padam, Perjalanan Kereta Jarak Jauh Jadi Lebih Lama

1. Hingga Senin pagi masih terjadi keterlambatan

Listrik Padam, Kedatangan KA di Jalur Selatan Molor Hingga 3,5 JamIDN Times/Holy Kartika

Dilansir kantor berita Antara, berdasarkan pantauan sejumlah KA yang masuk ke Stasiun Purwokerto, terdapat sebanyak sembilan kereta api jarak jauh mengalami keterlambatan.

"Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (4 Agustus 2019) siang berdampak terhadap keterlambatan perjalanan sejumlah KA yang masuk ke Stasiun Purwokerto sejak Minggu malam hingga pagi ini," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, Supriyanto, Senin (5/8).

2. Sebanyak sembilan kereta api terlambat

Listrik Padam, Kedatangan KA di Jalur Selatan Molor Hingga 3,5 JamIDN Times/Rangga Erfizal

Sejumlah KA yang mengalami keterlambatan di antaranya:

KA Bima relasi Gambir-Purwokerto-Malang yang seharusnya masuk Stasiun Purwokerto pada pukul 21.28 WIB, baru tiba pada pukul 01.13 WIB atau lambat 225 menit.

Selain itu, KA Gajayana relasi Gambir-Purwokerto-Malang masuk Stasiun Purwokerto pada pukul 01.48 WIB atau lambat 194 menit dari seharusnya pukul 22.34 WIB.

Kemudian KA Sawunggalih relasi Pasar Senen-Purwokerto-Kutoarjo masuk pukul 00.16 WIB atau lambat 54 menit dari seharusnya pukul 23.22 WIB.

KA Senja Utama Yogyakarta relasi Pasar Senen-Purwakerto-Yogyakarta yang seharusnya masuk pukul 23.52 WIB namun baru datang pukul 00.28 WIB atau lambat 36 menit.

Keterlambatan juga dialami KA Argo Lawu relasi Gambir-Purwokerto-Solo yang baru masuk Stasiun Purwokerto pada pukul 04.02 WIB atau lambat 173 menit dari jadwal kedatangan pukul 01.09 WIB.

Juga KA Taksaka relasi Gambir-Purwokerto-Yogyakarta yang seharusnya masuk pukul 01.43 WIB namun baru datang pukul 04.36 WIB atau lambat 173 menit.

Sementara KA Mataram relasi Pasar Senen-Purwokerto-Lempuyangan sampai di Stasiun Purwokerto pukul 02.17 WIB atau lambat 21 menit dari jadwal pukul 01.56 WIB.

KA Bogowonto relasi Pasar Senen-Purwokerto-Lempuyangan yang seharusnya datang pada pukul 02.40 WIB namun baru sampai pukul 03.08 WIB atau lambat 28 menit.

Serta KA Senja Utama Solo relasi Pasar Senen-Purwokerto-Solo baru tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 03.37 WIB atau lambat 43 menit dari jadwal pukul 02.54 WIB.

3. PT KAI meminta maaf atas keterlambatan

Listrik Padam, Kedatangan KA di Jalur Selatan Molor Hingga 3,5 JamIDN Times/Rangga Erfizal

Supriyanto mengatakan PT KAI Daop 5 meminta maaf atas adanya keterlambatan KA kepada para penumpang. Sebab kendala keterlambatan berasal dari KA asal atau yang sebagian besar dari Jakarta.

"Untuk keberangkatan ke tujuan akhir, kelambatan di Stasiun Purwokerto rata-rata bisa berkurang 10-20 menit. Kami atas nama PT KAI (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA-KA tersebut," ujarnya.

Supriyanto yakin, setelah aliran listrik kembali normal, perjalanan KA dari Jakarta bisa kembali berjalan normal lagi.

Baca Juga: Listrik Padam Dua Hari Terakhir, Polri Turun Tangan

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya