PAN Jateng: PAN Pusat Jangan Bermanuver ke Koalisi 01

Diminta untuk tetap berada di koalisi 02

Semarang, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah menyatakan sikap untuk tetap berada di koalisi 02 dan tidak akan berpaling ke koalisi 01. Selain itu juga memperingatkan kepada sejumlah pengurus PAN untuk tidak bermanuver politik atas nama partai.

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Zulkifli Hasan Bantah Bicara Soal Koalisi

1. Penggiringan opini meresahkan kader

PAN Jateng: PAN Pusat Jangan Bermanuver ke Koalisi 01Twitter.com/@dpwpanjateng

Pernyataan sikap tersebut dinyatakan dalam surat resmi dengan nomor PAN/11/A/K-2/222/V/2019, Perihal Penolakan Bergabung di Koalisi 01. Surat ditanda tangani oleh Ketua DPW PAN Jateng Wahyu Kristianto dan Sekretaris DPW PAN Jateng Umar Hasyim.

Surat ini muncul lantaran adanya penggiringan opini seolah PAN pindah koalisi ke paslon pilpres atau koalisi 01. Opini tersebut dianggap meresahkan kader di tingkat bawah serta eksistensi partai.

"Kami melihat dari beberapa pengurus DPP menyuarakan atau semacam membentuk opini agar nanti akan masuk ke koalisi 01. Dengan adanya beberapa yang bermanuver seperti itu, DPD-DPD merasa semacam ada ketidakpasan dengan apa yang menjadi aspirasi di daerah selama ini," kata Umar Hasyim.

2. Muncul dua pernyataan sikap

PAN Jateng: PAN Pusat Jangan Bermanuver ke Koalisi 01Twitter.com/@dpwpanjateng

Surat yang tertanggal 27 Mei 2019 itu menghasilkan dua sikap, yaitu:

1. Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Tengah mohon kepada Saudaraku pengurus DPP PAN untuk tetap konsisten terhadap sikap Partai Amanat Nasional tetap berada pada Koalisi Indonesia Adil Makmur (Prabowo-Sandi)

2. Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Tengah meminta kepada saudaraku pengurus DPP PAN untuk menghentikan manuver-manuver politik dan membuat statement-statement pribadi dengan mengatasnamakan Partai, yang mengarah kepada sikap tidak konsisten, karena hal tersebut dapat mencederai citra Partai.

3. Opini dari pengurus PAN pusat

PAN Jateng: PAN Pusat Jangan Bermanuver ke Koalisi 01merdeka.com

Surat juga untuk merespon banyaknya pemberitaan seolah PAN akan merapat ke pasangan pilres atau koalisi 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Bahkan opini terbentuk oleh sejumlah pengurus DPP PAN.

"PAN tetap menjadi oposisi murni dan menjadi penyeimbang pemerintah. PAN tetap bersama rakyat untuk memberikan solusi untuk permasalahan bangsa," seperti dikutip dari akun resmi sosial media DPW PAN Jateng, Rabu (19/6).

Baca Juga: Sinyal Koalisi PAN dan Demokrat ke Kubu Jokowi, Ini Peluangnya

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya