Pemulangan WNI Eks ISIS, Ganjar: Yang Saya Tunggu Bukan Mereka

Meskipun dari mereka ada yang dari Jawa Tengah

Semarang, IDN Times - Isu rencana pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang terafiliasi dengan ISIS di luar negeri mendapat tanggapan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dengan tegas, Ganjar menolak rencana pemulangan mereka kembali ke Indonesia.

Baca Juga: Senada dengan Jokowi, Mahfud Tak Setuju WNI Eks ISIS Dipulangkan ke RI

1. Ganjar tak mengharapkan mereka lagi

Pemulangan WNI Eks ISIS, Ganjar: Yang Saya Tunggu Bukan MerekaDok. Humas Pemprov Jateng

Ganjar menyatakan jika rencana pemulangan eks ISIS perlu pertimbangan matang. Ia mengaku meskipun dari mereka terdapat warganya, Ganjar secara tegas tidak mengharapkan mereka kembali.

"Yang saya tunggu kembali ke tanah air itu WNI asal Jateng yang sukses di luar negeri. Bukan mereka (anggota ISIS)," kata Ganjar.

2. Pemprov Jateng masih fokus deradikalisasi kepada napiter

Pemulangan WNI Eks ISIS, Ganjar: Yang Saya Tunggu Bukan MerekaIDN Times/Arief Rahmat

Jawa Tengah, imbuh Ganjar, selama ini sedang berupaya melakukan deradikalisasi kepada mereka yang terpapar paham radikalisme. Khususnya kepada mantan narapidana kasus terorisme.

"Dari cerita eks napiter (narapidana teroris) itu, mereka mengatakan betapa bahayanya para eks teroris itu. Apalagi kalau tidak ada pembinaan. Makanya kami ngurusi yang sudah ada saja, kami bina mereka. Itu saja sekarang butuh energi banyak, apalagi kalau ketambahan mereka," tegasnya.

3. Mereka bukan lagi tanggung jawab pemerintah

Pemulangan WNI Eks ISIS, Ganjar: Yang Saya Tunggu Bukan MerekaDok. Humas Pemprov Jateng

Bagi Ganjar, WNI anggota ISIS di luar negeri sudah bukan lagi tanggungjawab pemerintah. Apalagi mereka sudah dengan sengaja membakar paspor WNI.

"Saya kira kok perlu dipertimbangkan matang-matang untuk pengembalian mereka ke Indonesia," pungkasnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (7/2).

Baca Juga: Ganjar Ingatkan Isu Warisan Pilpres Bisa Picu Memanasnya Pilkada 2020

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya