Tembok Bangunan Baru SMA di Karanganyar Abal-abal, Ditendang Jebol

Kontraktor terancam diperkarakan, gak sesuai spesifikasi

Karanganyar, IDN Times - Pembangunan SMA Negeri di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar diduga tidak sesuai spesifikasi bangunan. Pasalnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menemukan tembok palsu di bangunan SMA tersebut. Sebab, bagian yang harusnya bertembok bata, jebol ketika ditendang pelan.

1. Tembok bangunan tidak berbahan bata

Tembok Bangunan Baru SMA di Karanganyar Abal-abal, Ditendang JebolGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek kondisi bangunan sekolah di Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (30/1/2022) (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Ganjar sidak ke SMA yang baru dibangun tersebut pada Minggu (30/1/2022). Ia langsung melihat beberapa bagian bangunan yang tampak dikerjakan asal-asalan. Seperti besi pembatas tangga yang berkarat dan pengelasannya tidak sempurna. Lalu, lantai dan tembok retak serta bata tertempel tidak rapi.

Tapi paling parah adalah tembok di bawah jendela lobi. Ganjar yang melihat keanehan tembok itu, langsung membuktikan dengan mencoba kekuatan dengan menendang pelan. Alhasil, ternyata tembok langsung jebol.

Setelah diperiksa, rupanya tembok palsu itu yang dibuat dari hardboard (papan keras).

2. Ganjar kecewa sama hasil pekerjaan

Tembok Bangunan Baru SMA di Karanganyar Abal-abal, Ditendang JebolGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan) mengecek kondisi bangunan sekolah di Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (30/1/2022) (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Sontak, Ganjar marah. Ia memangil mandor proyek.

"Ini apa-apaan mas? Jangan main-main, ya. Sekarang telepon bosmu, saya mau ngomong," kata Ganjar pada mandor itu.

Mandor tersebut dengan cepat menelepon seseorang bernama Heri yang disebutnya sebagai pimpinan kontraktor proyek SMAN Tawangmangu. Telepon kemudian diberikan kepada Ganjar yang langsung berbicara dengan nada tinggi.

"Masih ingat saya dulu ngomong ya, jaga integritas dan kualitas, jangan korupsi, sekarang pekerjaanmu kayak begini. Mau saya bawa ke kejaksaan?" ujarnya.

3. Ganjar ancam perkarakan kontraktor

Tembok Bangunan Baru SMA di Karanganyar Abal-abal, Ditendang JebolGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek kondisi bangunan sekolah di Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (30/1/2022) (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Ganjar meminta pelaksana proyek untuk segera memperbaiki. Sebab, masih ada masa pemeliharaan selama enam bulan bagi kontraktor untuk memperbaiki kualitas bangunan tersebut.

Jika tidak dilakukan, Ganjar mengancam tidak akan menerima hasil pekerjaan itu.

"Kalau gak bagus kayak begini, saya kembalikan dan saya perkarakan. Jadi kalau mau main-main sama saya, ya saya persoalkan ini," tegasnya.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya