8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!

Harus menjadi resolusi kamu biar gak buntung, guys

Sebentar lagi Tahun Baru Imlek 2023, nih! Berdasarkan kalender China, Imlek kali ini disebut sebagai tahun Kelinci Air. Kelinci, oleh masyarakat China dianggap sebagai hewan yang melambangkan kesejahteraan dan harapan serta kesuksesan. Lalu, air melambangkan suatu proses pemulihan.

Maka dari itu, tahun Kelinci Air dapat diartikan sebagai tahun yang penuh akan harapan, kesejahteraan, kesuksesan serta tahun pemulihan dari situasi yang sebelumnya kurang baik. Sesuai dengan hal itu, tahun Kelinci Air juga cocok untuk memulihkan diri, nih. Tidak hanya secara fisik tapi juga finansial.

Sesuatu sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menabung. Tapi, ada beberapa tips keuangan menabung supaya financially fit sebagaimana dilansir laman www.ruangmenyala.com milik OCBC NISP berikut ini.

1. Tentukan frekuensi menabung

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!IDN Times/Ita Malau

Berkaitan dengan tips yang pertama, untuk memastikan target menabungmu bisa terkumpul dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kamu harus menentukan frekuensi menabung yang disesuaikan dengan kemampuanmu.

Misalnya, dana Rp10 juta yang akan kamu simpan untuk berlibur, harus bisa tercapai dalam waktu enam bulan.

Oleh karena itu, frekuensi menabungmu adalah sekitar Rp1,7 juta setiap bulannya, sehingga target tercapai.

2. Tentukan tujuan kamu

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!ilustrasi menabung (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Saat melakukan sesuatu, pastinya harus menentukan apa yang menjadi tujuan. Tujuan tersebut juga harus sesuai dengan pribadi kamu masing-masing karena kebutuhannya pastinya berbeda-beda.

Sebagai contoh tujuan menabung kamu adalah untuk berlibur dan dana yang diperlukan untuk liburan tersebut adalah Rp10 juta. Nah, dengan adanya tujuan serta target yang jelas seperti itu, barulah strategi menabung dapat dirancang.

Kamu bisa membuat catatan yang merincikan pendapatan serta pengeluaranmu dan menuliskan detail prosedur menabung, termasuk jangka waktunya.

3. Pastikan uang tabungan bebas dari gangguan

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!ilustrasi uang yang banyak (pixabay.com/5851928)

Saat kamu sedang menabung dalam waktu yang tidak sebentar, tentu saja akan ada berbagai kondisi yang terkadang menggodamu mengambil sedikit uang tabungan untuk kebutuhan lain. Hati-hati agar tidak tergoda di tengah jalan, ya!

Sama seperti istilah sedikit demi sedikit menjadi bukit. Uang tabungan yang kamu sedikit-sedikit ambil lama-lama juga akan membukit dan akhirnya membuatmu gagal dalam menggapai apa yang menjadi tujuanmu.

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memastikan tabunganmu tidak tergganggu adalah dengan membuat tabungan atau budget yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Contohnya, selain kamu menabung untuk liburan, kamu juga bisa mengalokasikan dana yang akan kamu simpan untuk kebutuhan sehari-hari dan keinginanmu.

Baca Juga: 5 Zodiak Yang Jago Nyari Uang, Pekerja Keras! 

4. Pisahkan rekening tabungan dan kebutuhan

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!unsplash.com/Mika Baumeister

Langkah selanjutnya yang mungkin terlihat sepele adalah membuat rekening khusus menabung. Memisahkan uang dalam satu rekening khusus akan sangat membantumu dalam mengalokasikan uang, mana yang akan dipakai untuk sehari-hari dan uang mana yang tidak boleh diganggu.

Rekening yang terpisah juga akan menutup adanya kemungkinan uang tabungan dipakai secara tidak sengaja. Siapa nih yang terkadang menggunakan uang tabungannya karena tergiur akan diskon saat berbelanja? Pasti kamu pernah mengalaminya.

Maka dari itu, untuk menghidari hal ini, membuat rekening khusus akan sangat membantumu untuk menghindari pengeluaran yang tidak direncanakan dan mengganggu proses menabung yang sudah direncanakan dari awal.

5. Cobalah untuk membatasi keinginan

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!Unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Selain butuh konsistensi, butuh juga untuk lebih kritikal dalam berbelanja. Untuk itu, ketika ingin membeli sesuatu, coba tanyakan diri sendiri, sebeberapa penting barang tersebut.

Dengan membiasakan begitu, secara tidak langsung kamu sudah membiasakan diri lebih disiplin dalam berbelanja.

Tentu saja bukan berarti kamu tidak boleh membeli barang-barang mahal atau branded untuk menjadi financially fit. Sebab, membeli barang branded dapat dilakukan sebagai self-reward yang di rencanakan alias tidak impulsif.

6. Konsisten

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tentu saja konsistensi memegang peran yang penting banget dalam proses menabung.

Tanpa konsistensi, kamu tidak mungkin bisa menggapai target sesuai dengan rencana yang telah kamu bentuk.

Frekuensi menabung yang tadi direncanakan hanya bisa dijalankan jika kamu memiliki konsistensi yang kuat. Dengan demikian, setiap bulannya dana sebesar Rp1,7 juta tersebut masuk secara rutin ke dalam rekening tabungan kamu.

7. Memulai investasi

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!Lakukan investasi sebagai tips menabung 1 juta per bulan (freepik.com)

Tips selanjutnya adalah memulai investasi. Sering kali saat mendengar investasi yang kamu bayangkan adalah dibutuhkannya modal yang besar. Sayang, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Investasi bisa kamu mulai bahkan hanya dengan memanfaatkan sisa dari uang jajan kamu.

Misalnya kamu mengurangi uang jajan untuk membeli kopi atau minuman boba sebesar Rp20 ribu dengan berinvestasi. Malah, sekarang juga sudah ada produk investasi mulai Rp20 ribu, lho!

8. Mencari sumber pendapatan lain

8 Tips Keuangan Aman Selama Tahun Kelinci Air, Financially Fit!Ilustrasi menciptakan sumber pendapatan baru (Pexels.com)

Tips terakhir yang bisa membantu kamu dalam menabung adalah memperbanyak sumber pendapatan. Target yang kamu miliki bisa dicapai dalam waktu yang lebih singkat kalau kamu memiliki sumber pendapatan lain.

Sumber pendapatan lain ini bisa berasal dari pekerjaan atau usaha sampingan.

Jadi, bisa saja kamu menggunakan pendapatan utama untuk kebutuhan sehari-hari dan penghasilan tambahanmu disimpan sebagai tabungan atau modal berinvestasi.

Itu tadi 8 tips keuangan menabung yang dapat kamu praktikkan agar menjadi financially fit di tahun Kelinci Air yang identik dengan kesuksesan serta kesejahteraan. Sudah saatnya financially fit menjadi bagian dari resolusi kamu di tahun ini. Yuk!

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Jepang, Efisien dan Bijak! 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya