128 Calon Sipir Digembleng di Lapas Batu Nusakambangan, Ada Latihan Menembak

Kemenkumham bekali ratusan CPNS

Intinya Sih...

  • 128 CPNS Kemenkumham Jateng jalani pembekalan selama 4 hari di Lapas Batu, Nusakambangan.
  • Pembekalan untuk mendekatkan pada program revitalisasi pemasyarakatan, termasuk standar keamanan super maximum hingga minimum security.
  • Kegiatan pembekalan melibatkan instruktur handal dan bertujuan menunjang peningkatan kualitas SDM pemasyarakatan.

Semarang, IDN Times - Tak kurang 128 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kemenkumham Jawa Tengah menjalani serangkaian kegiatan pembekalan dan orientasi selama empat hari di Lapas Batu, Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap. 

Proses pembekalan di Nusakambangan dimanfaatkan untuk mendekatkan pada program revitalisasi pemasyarakatan di lapas berstandar super maximum security. 

"Kegiatan ini untuk mendekatkan pada tugas dan fungsi yang akan diemban," ujar Kepala Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto, Kamis (12/9/2024).

Baca Juga: Putus Peredaran Narkoba, 56 Napi Lapas Kedungpane Dipindah ke Nusakambangan

1. Nusakambangan jadi tempat revitalisasi yang komplit

128 Calon Sipir Digembleng di Lapas Batu Nusakambangan, Ada Latihan MenembakProses pemindahan terpidana kasus narkotika jaringan Fredy Pratama ke Lapas Nusakambangan. (Dok. Kemenkumham Lampung).

Tejo berkata dipilihnya Pulau Penjara sebagai lokasi adalah sebuah keniscayaan, karena hanya wilayah Nusakambangan yang punya seluruh proses revitalisasi pemasyarakatan yang tersedia lengkap. 

Di samping itu, tahapan revitalisasi pemasyarakatan di Nusakambangan mulai dari sarana pengawasan dengan standar Super maximum security, maximum security, medium security hingga minimum security.

"Nantinya akan mendapatkan ilmu tiga kunci pemasyarakatan maju dan back to basic yang memiki arti mengembalikan segala tugas dan fungsi kembali kepada aturan yang berlaku," paparnya. 

2. Kakanwil minta CPNS ikut latihan dengan baik

128 Calon Sipir Digembleng di Lapas Batu Nusakambangan, Ada Latihan MenembakKakanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Tejo juga bilang seluruh proses pembekalan perlu diikuti masing-masing CPNS dengan baik. Sebab kegiatan pembekalan akan menghadirkan instruktur yang handal di jajaran pemasyarakatan. 

Kegiatan pembekalan juga untuk menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia pemasyarakatan di masa yang akan datang serta menumbuhkan dan mengembangkan kecintaan terhadap profesinya.

"Ikuti dengan baik dan tertib agar akhirnya mendapatkan ilmu yang berguna untuk menjalankan tugas dan fungsi di pemasyarakatan," terangnya.

3. Dilatih menembak dan diberi kemampuan disiplin

128 Calon Sipir Digembleng di Lapas Batu Nusakambangan, Ada Latihan MenembakKakanwil Kemenkumham Jateng bersama para calon sipir berfoto di Lapas Batu Nusakambangan. (IDN Times/Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jateng, Anton E Wardhana mengemukakan ada 128 CPNS yang mengikuti kegiatan tersebut. Mereka akan dibekali kemampuan fisik, keterampilan menembak dan sejenisnya di semua UPT lapas Nusakambangan.

"Kami berharap 128 orang di sini dapat membangun kedisiplinan, fisik dan disiplin untuk melaksanakan tugas pengaman pemasyarakatan pada Lapas dan Rutan," tutur Anton. 

Baca Juga: Dikawal Densus, 7 Napiter Dijebloskan Sel Super Maximum Security Nusakambangan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya