2.559 Mahasiswa Undip Diwisuda, 54,75 Persen Dapat Predikat Cumlaude

Undip berhasil ciptakan lulusan yang cepat kerja

Semarang, IDN Times - Tak kurang 2.559 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengikuti proses wisuda di Gedung Prof Soedarto, Kampus Undip Tembalang. Dari ribuan mahasiswa yang diwisuda tersebut, terdapat 1.401 wisudawan atau sekitar 54.75 persen di antaranya yang memperoleh predikat cumlaude.

Informasi dari pihak Undip menyebutkan acara wisuda bagi 2.559 mahasiswa digelar 11 tahapan selama 6 hari. Masing-masing mulai tanggal 1-4 November 2022 serta dilanjutkan tanggal 7-8 November 2022.

1. Terdapat 35 mahasiswa yang lulus jadi doktor di Undip

2.559 Mahasiswa Undip Diwisuda, 54,75 Persen Dapat Predikat CumlaudeSuasana acara wisuda yang diikuti 2.559 mahasiswa Undip. (IDN Times/bt)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof Faisal, mengaku dalam gelaran wisuda di kampusnya terdapat 35 mahasiswa doktoral, mahasiswa magister ada 267 orang, spesialis 52 orang, profesi 51 orang, sarjana 2.008 orang, Sarjana Terapan 80 orang dan Diploma III (D3) 66 orang. 

"Jumlah lulusan Undip sudah mencapai 244.559 orang," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Rabu (2/11/2022). 

Baca Juga: Unik! PSMT Undip Nyanyikan Lagu Malin, Bikin Juri Korsel Terperangah

2. Lulusan Undip diharapkan jadi teladan bagi masyarakat

2.559 Mahasiswa Undip Diwisuda, 54,75 Persen Dapat Predikat CumlaudeSeorang mahasiswi saat diwisuda oleh Rektor Undip Prof Yos Johan Utama di Gedung Auditorium Prof Sudharto. (IDN Times/bt)

Ia berharap setiap wisudawan mampu berkiprah di dunia kerja dan sukses meniti karirnya masing-masing. Bagi tiap wisudawan, dirinya menyarankan supaya bisa menjadi sosok teladan bagi masyarakat. 

"Sebagai upaya menjaga sinergi, kita minta kerjasama dari alumni untuk memberikan umpan balik melalui tracer study Undip di https://tracerstudy.undip.ac.id. Semoga semua wisudawan senantiasa sukses meniti karir dan selalu menjadi teladan. Kami bangga atas capaian prestasi akademik yang diperoleh para wisudawan," imbuhnya. 

3. Rektor Undip bangga kampusnya bisa punya lulusan yang cepat bekerja

2.559 Mahasiswa Undip Diwisuda, 54,75 Persen Dapat Predikat CumlaudeProses wisuda secara daring yang digelar di Undip Semarang. (IDN Times/Humas Undip)

Sedangkan, Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama menjelaskan kalau kampusnya selama ini menjadi perguruan tinggi peringkat pertama yang lulusannya bisa mendapat pekerjaan paling cepat. Hal ini, katanya mengacu pada survei QS Rankings for employability 2021-2022; Rangking 2 nasional.

Selain itu, kampusnya juga masuk ranking 30 dunia versi UI Greemetric 2020, 2021, 2022, ranking 2 Nasional PTNBH terbaik tahun 2021 dan 5 Besar PTNBH terbaik 2022, Top 8 National rank for World University Rank 2023 Versi QS WUR; lima besar universitas terfavorit lima tahun berturut turut. 

"Ilmu menjadi sesuatu yang barokah jika diamalkan dalam kebaikan, oleh karena itu kita wajib mengamalkan ilmu pengetahuan yang kita miliki untuk kepentingan bangsa dalam pembangunan, kesejahteraan bangsa atau negara dan umat manusia," ungkapnya.

4. Rektor sampaikan pesan khusus bagi lulusan Undip

2.559 Mahasiswa Undip Diwisuda, 54,75 Persen Dapat Predikat Cumlaudekampusundip.com

Lebih jauh lagi, dirinya menyampaikan bahwa menyandang gelar akademik memberi konsekuensi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan sampai setinggi tingginya sehingga mampu mengamalkan dengan sebaik-baiknya.

"Majulah terus alumni Undip, pantang mundur, sekali layar terkembang surut kita berpantang, Ever Forward Never Retreat," cetusnya. 

Baca Juga: Rektor Undip Sebut Status PTNBH Berikan Kewenangan Besar Mengelola Kampus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya