28.048 Penumpang Pesawat Tiba di Bandara Ahmad Yani Selama 4 Hari Arus Mudik

Jumlah pemudik mulai meningkat

Semarang, IDN Times - Sebanyak 28.048 penumpang pesawat terbang tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang selama empat hari arus mudik. Kedatangan penumpang pesawat saat momentum arus mudik melonjak sebesar 38 persen dibanding Lebaran tahun lalu. 

1. Pergerakan lalu lintas pesawat naik 18 persen

28.048 Penumpang Pesawat Tiba di Bandara Ahmad Yani Selama 4 Hari Arus MudikSebuah pesawat Super Air Jet saat berada di areal parkir Bandara Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang)

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Irianto mengaku sejak posko terpadu angkutan udara Lebaran dibuka, sudah ada 246 pesawat dan 190.470 kilogram kargo yang dilayani oleh petugasnya. 

Ada pertumbuhan untuk pesawat trafik 18 persen dan 54 persen untuk kargo jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Setelah empat hari melaksanakan posko terpadu, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah melayani total pergerakan penumpang sebanyak 28.048 orang. Dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 11.080 orang dan penumpang datang sebanyak 16.968 orang,” ujar Hardi, Rabu (19/4/2023). 

Baca Juga: PPKM Dicabut, 4 Maskapai Ajukan Extra Fligh ke Bandara Ahmad Yani

2. Jumlah penumpang pesawat juga meningkat 38 persen

28.048 Penumpang Pesawat Tiba di Bandara Ahmad Yani Selama 4 Hari Arus MudikSuasana Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani saat masa arus mudik Lebaran 2023. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurutnya pergerakan trafik tertinggi untuk penumpang dan pesawat terjadi pada tanggal 15 April 2023 dengan total penumpang sebanyak 7.318 orang dan pergerakan pesawat 64 pesawat. 

Sedangkan untuk pergerakan kargo tertinggi terjadi pada tanggal 16 April 2023 dengan total pergerakan 62.890 kilogram. 

“Ini menunjukan tren pertumbuhan positif jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dimana telah terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebesar 38 persen,” ujar Hardi.

3. Jam operasional diperpanjang sampai jam 8 malam

28.048 Penumpang Pesawat Tiba di Bandara Ahmad Yani Selama 4 Hari Arus MudikSejumlah penumpang pesawat terbang saat tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (IDN Times/Humas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang)

Untuk memberikan layanan prima di bandara, pihaknya telah menambah jumlah tenant serta mempercantik area bermain anak di ruang tunggu. 

Selain itu telah dilaksanakan perpanjangan jam operasional bandara menjadi pukul 07.00 hingga 20.00 WIB selama periode posko terpadu berlangsung.

“Pada pelaksanaan posko hari kelima pada tanggal 18 April 2023 diprediksi akan terjadi pergerakan penumpang sebanyak 7.772 orang dan pergerakan pesawat sebanyak 71 pesawat,” ujar Hardi.

4. Penumpang pesawat tetap diwajibkan tunjukan bukti vaksin booster

28.048 Penumpang Pesawat Tiba di Bandara Ahmad Yani Selama 4 Hari Arus MudikIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Hingga saat ini syarat perjalanan yang berlaku masih mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 82 Tahun 2022 yang berlaku sejak tanggal 29 Agustus 2022 yaitu:

  • Pelaku perjalanan usia lebih dari 18 tahun wajib vaksin COVID-19 Dosis ketiga
  • Pelaku perjalanan usia 6-17 tahun wajib vaksin dosis kedua
  • Pelaku perjalanan kurang dari 6 tahun tidak diwajibkan melakukan program namun wajib didampingi oleh pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi
  • Pelaku perjalanan dengan syarat kesehatan khusus wajib jaminan perlindungan dari RS Pemerintah
  • Menggunakan aplikasi Satu Sehat.

Baca Juga: Belum Optimal, AP I Bakal Rampingkan Bandara-Bandara Internasional

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya