3 Lapas Baru Nusakambangan Siap Beroperasi, Dijaga Ratusan Petugas!

Tiga lapas Nusakambangan akan diresmikan Jokowi

Semarang, IDN Times - Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menyebutkan tiga lapas baru di Pulau Nusakambangan Kabupaten Cilacap akan dioperasikan dalam waktu dekat. Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jateng, Kadiyono, ketiga lapas baru tersebut bernama Lapas Ngaseman, Lapas Tirtaya dan Lapas Gladakan. 

"Jadi memang ada tiga lapas yang baru di NK (Nusakambangan). Ada Lapas Ngaseman, Lapas Gladakan dan Lapas Titaya. Saat ini sumber daya manusia sedang dipersiapkan," ujar Kadiyono kepada IDN Times, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga: Selundupkan HP di Sel Tahanan, 8 Sipir Lapas Kedungpane Dipindah ke Nusakambangan

1. Salah satu lapas yang baru dipakai untuk bandar narkoba

3 Lapas Baru Nusakambangan Siap Beroperasi, Dijaga Ratusan Petugas!ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Ia berkata lapas ketiga tersebut diperuntukkan bagi izin kasus narkotika kelas berat serta Untuk tempat lapas terbuka. Namun dirinya belum bisa mengoptimalkan berapa banyak kapasitas masing-masing lapas tersebut. 

Hanya saja, Kadiyono memastikan para bandar narkoba akan memindahkan semua ke lapas baru tersebut. “Untuk bandar narkoba, untuk lapas terbuka dan lainnya untuk umum,” terang Kadiyono. 

2. Ratusan petugas sedang dilatih di Nusakambangan

3 Lapas Baru Nusakambangan Siap Beroperasi, Dijaga Ratusan Petugas!Menkumham Yassona Laoly menunjukan sarpras lapas maximum security di Pulau Nusakambangan Cilacap. (Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Lebih jauh lagi, jika sesuai rencana pembukaan lapak ketiga itu akan dilakukan Presiden Jokowi. Sementara ini, Kadiyono menjelaskan pihak Kanwil Kemenkumham Jateng masih berusaha semaksimal mungkin menyiapkan sarana dan prasarana serta ketersediaan pegawai untuk ditempatkan di tiga lapas. 

Para pegawai yang akan ditugaskan di tiga lapas baru, katanya berjumlah 198 orang. Mereka kini sedang dibekali latihan khusus di Nusakambangan sebelum resmi bertugas. 

"Kalau sudah siap semua akan diresmikan. (Diresmikan Pak Jokowi) informasinya begitu. Kami dari kanwil menyiapkan SDM-nya. Saat ini SDM sedang dibor di Nusakambangan. Ada 198 petugas. Pejabat strukturalnya juga sudah turun," ungkapnya.

3. Sedang diassesment

3 Lapas Baru Nusakambangan Siap Beroperasi, Dijaga Ratusan Petugas!Seorang napi narkoba asal Lapas Kedungpane Semarang saat digeledah sebelum dibawa masuk ke sel maximum security Lapas Karanganyar di Pulau Nusakambangan Cilacap. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Ia mengatakan proses pengoperasian tiga lapas yang baru juga membutuhkan penilaian yang terperinci. Hal ini perlu dilakukan agar kesiapan fasilitas kamar petugas dan petugasnya benar-benar matang. 

"Sedang dilakukan assesment-assessment yang lain, perangkatnya sedang dipersiapkan. Mudah-mudahan semuanya lancar. Semoga kalau sudah siap semua kita kabari teman-teman. Nanti ada mutasi atau penempatan CPNS di sana," kata Kadiyono. 

Baca Juga: Dua Napi Teroris Lapas High Risk Nusakambangan Pilih Ikrar Setia NKRI

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya