46 Lapas Rutan di Jateng Overload 60 Persen, Napi Dioper Setiap Bulan

Waduh, semua lapas sudah penuh nih

Semarang, IDN Times - Keterisian lapas dan rutan di 46 lokasi yang sudah overload membuat Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah berusaha mengatasinya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Jateng, Supriyanto mengaku kondisi mayoritas lapas dan rutan yang sudah melebihi kapasitas mencapai 50--60 persen. 

"Hampir semua lapas dan rutan yang kami kelola sudah over kapasitas. Rata-rata setiap lokasi rutan dan lapas penghuninya sudah over sampai 60 persen, ada juga yang over 50 persen," ujar Supriyanto saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (14/8/2023). 

Baca Juga: Modus Tengok Napi Kedungpane, Budhe dan Ponakan Simpan 15 Pil Koplo di Bra

1. Kemenkumham Jateng distribusikan napi ke rutan yang longgar

46 Lapas Rutan di Jateng Overload 60 Persen, Napi Dioper Setiap BulanNarapidana anak di LPKA Palu bermain sendok kelereng dalam rangka peringati hari Pancasila, Selasa (1/6/2021). IDN Times/Kristina Natalia

Ia mengaku, upaya untuk menanggulanginya keterisian lapas maupun rutan yang penuh ialah dengan melakukan pendistribusian narapidana ke tempat-tempat yang masih longgar. 

Ia mencontohkan narapidana yang menghuni lapas yang overload, kemudian didistribusikan atau dipindahkan ke rutan terdekat. 

2. Lapas Semarang dan Solo sering pindahkan napi

46 Lapas Rutan di Jateng Overload 60 Persen, Napi Dioper Setiap BulanSejumlah sipir yang disiagakan untuk menangani sel maximum security di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Situasi tersebut kerap terjadi di Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang yang memiliki angka overload mencapai 150 persen.

"Misalnya kalau di Lapas Semarang itu kan overloadnya sudah diatas 100 persen atau sekitar 150 persen. Tetapi petugas di sana sering memindahkan warga binaannya ke lapas lain yang sekiranya masih longgar. Terus yang di Rutan Solo juga begitu. Jadi, kebanyakan warga binaan yang dioper itu ke rutan-rutan yang masih punya sisa kamar hunian," ungkap Supriyanto. 

Diakuinya bahwa langkah mendistribusikan narapidana merupakan program yang cukup efektif guna mengurangi angka overload di dalam lapas.

3. Kemenkumham Jateng rutin berikan asimilasi dan remisi

46 Lapas Rutan di Jateng Overload 60 Persen, Napi Dioper Setiap BulanLapas Kelas II A Pasir Putih di Nusa Kambangan. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Selain itu, katanya Kemenkumham Jawa Tengah juga berusaha memberikan program asimilasi atau pembebasan bersyarat bagi narapidana yang dianggap telah berkelakuan baik selama menjalani hukuman kurungan badan. 

"Ya di samping mengoper-oper warga binaan ke rutan, kita juga sering lakukan asimilasi, remisi, pembebasan bersyarat. Ya itu cara kita kurangi jumlah penghuni lapas," terangnya. 

4. Usulkan napi narkoba dapat remisi HUT RI Ke-78

46 Lapas Rutan di Jateng Overload 60 Persen, Napi Dioper Setiap Bulan13 napi Kedungpane Semarang dibebaskan lebih awal. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Lebih jauh lagi, pihaknya sedang menyiapkan usulan pemberian remisi untuk menyambut HUT RI Ke-78. Pada puncak perayaan HUT RI Ke-78 atau Kamis (17/8/2023) lusa, Kemenkumham mengusulkan narapidana kasus narkoba dan kasus pidana umum mendapatkan remisi. 

"Untuk komposisi remisinya sebenarnya imbang antara napi yang kasus narkotika dan pidana umum. Berapa banyak yang kita usulkan dapat remisi, sedang kita matangkan. Angka pastinya baru ketahuan besok," kata Supriyanto. 

Baca Juga: Selundupkan HP di Sel Tahanan, 8 Sipir Lapas Kedungpane Dipindah ke Nusakambangan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya