726 Remaja Ikut Pendidikan Bintara Polri, Disiapkan Amankan Pemilu 2024

Para Bintara dibekali pelatihan taktis kepolisian

Banyumas, IDN Times - Sebanyak 726 remaja mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri untuk wilayah Polda Jawa Tengah pada gelombang ll tahun 2023. Bertempat di SPN Purwokerto, tahapan pendidikan bagi para bintara dibuka oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi. 

Baca Juga: Listrik Padam saat Tes CAT Bintara, Polda Jateng Klaim Gak Sengaja

1. Kapolda minta para bintara ikut pendidikan dengan serius

726 Remaja Ikut Pendidikan Bintara Polri, Disiapkan Amankan Pemilu 2024Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi saat memberikan pengarahan kepada para bintara yang ikut pendidikan di SPN Purwokerto. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng (

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyarankan supaya para remaja yang mengikuti pendidikan bintara harus dilakukan dengan serius. 

Sebab, mereka merupakan hasil saringan dari ribuan peserta yang mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri beberapa waktu lalu.

"Menjadi peserta didik merupakan sukses awal. Tentunya berkat kerja keras serta dukungan dan doa restu orang tua beserta keluarga. Manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dengan sebaik-baiknya," katanya, Rabu (26/7/2023). 

2. Keseluruhan ada 15.429 siswa bintara

726 Remaja Ikut Pendidikan Bintara Polri, Disiapkan Amankan Pemilu 2024Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengguyurkan air kembang diatas kepala bintara yang ikut pelatihan di SPN Purwokerto. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Lebih lanjut, menurutnua para bintara dibekali pelatihan selama lima bulan. Pembekalanya mulai dari latihan fisik, pengetahuan teknis dan taktis dasar kepolisian.

Adapun secara keseluruhan, katanya pada gelombang ll tahun anggaran 2023 ini, Polri untuk nasional menggelar pendidikan serentak di SPN masing-masing Polda, Sepolwan, Pusdik Polair dan Pusdik Brimob Polri.

"Jumlah total 15.429 orang siswa yang mengikuti pendidikan dasar kepolisian di seluruh Indonesia," ungkapnya. 

3. Paling banyak ikut pendidikan bintara umum

726 Remaja Ikut Pendidikan Bintara Polri, Disiapkan Amankan Pemilu 2024Deretan Bintara Polri saat ikut pembekalan pelatihan fi SPN Purwokerto. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Untuk rinciannya, ada 12.580 orang mengikuti pendidikan bintara tugas umum, 500 orang Bintara Brimob, 100 orang Bintara Polair, 649 Bintara Polwan, 1500 orang tamtama Brimob dan 100 orang tamtama Polair. 

Para peserta didik, tuturnya, akan disiapkan secara maksimal untuk menjadi sumber daya yang unggul. Mereka akan disiapkan maksimal untuk turut terlibat dalam mengamankan sejumlah agenda nasional.

"Termasuk pengamanan pemilu tahun 2024, yang tahapannya sudah dimulai pada tahun ini," ujar Luthfi. 

Baca Juga: Kapolda Jateng Klaim Anggota Polri Tidak Anti Kritik

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya