Ada SPKLU di Rest Area KM 444B Tol Semarang-Solo untuk Mobil Listrik

Tapi rest area 444B masih fungsional

Semarang, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mengelola rest area fungsional di ruas Tol Semarang-Solo. Keberadaan rest area tersebut untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Baca Juga: Biar Aman Berkendara di Tol Semarang-Solo,Perhatikan 4 Titik Rawan Kecelakaan Ini

1. Masih bersifat fungsional

Ada SPKLU di Rest Area KM 444B Tol Semarang-Solo untuk Mobil ListrikGubernur Jateng Ganjar Pranowo di rest area fungsional Tol Semarang-Solo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Rest area yang dioperasikan secara fungsional yaitu di titik KM 444b tepatnya antara ruas Bawen dan Salatiga. Rest area tersebut masih dalam proses pembangunan, namun difungsikan sementara untuk melayani pemudik.

“Jadi saya di rest area KM 444B di tol antara Bawen-Salatiga. Ini rest area dari Pemprov Jateng yang sifatnya fungsional, belum selesai,” ujar Ganjar di lokasi rest area, Rabu (19/4/2023).

2. Sopir mobil listrik bisa istirahat sambil ngecas di SPKLU

Ada SPKLU di Rest Area KM 444B Tol Semarang-Solo untuk Mobil ListrikGubernur Jateng Ganjar Pranowo di rest area KM Tol Semarang-Solo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar menyebutkan, berbagai fasilitas penunjang yang ada di rest area KM 444b. Mulai dari tempat jualan UMKM, layanan terapi modern, layanan kesehatan, hingga mushola.

Di rest area 444B juga tersedia toilet umum, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular, hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Jadi kalau capek bisa mampir. Ada SPKLU juga di sini. Jadi kalau yang pakai mobil listrik ini bisa istirahat sambil ngecas," paparnya. 

3. Rest area KM 444b punya pemandangan Gunung Ungaran

Ada SPKLU di Rest Area KM 444B Tol Semarang-Solo untuk Mobil ListrikMenteri ESDM Arifin Tasrif (kiri), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kedua kanan), dan Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (kedua kiri) saat meninjau rest area 444B jalan tol Semarang-Solo (Dok. Humas Pemprov Jateng))

Selain fasilitasnya yang komplit, Ganjar menyebut pemandangan rest area ini sangat cocok dinikmati para pemudik saat lelah berwisata. Pasalnya, ada panorama Gunung Ungaran yang menyejukkan mata.

“Tempatnya enak, pemandangannya bagus, ke kiri bisa lihat Gunung Ungaran, kalau ke kanan bisa lihat pohon durian. Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik, masyarakat yang mudik kalau capek bisa istirahat di sini,” kata Ganjar.

4. Akan dijadikan rest area permanen pasca mudik

Ada SPKLU di Rest Area KM 444B Tol Semarang-Solo untuk Mobil ListrikSejumlah pemudik beristirahat di Rest Area 487 A, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Untuk mengurangi kepadatan pemudik saat beristirahat di rest area tersebut pengelola membatasi waktu bagi pemudik dengan durasi 30 menit agar dapat bergantian. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom).

Setelah arus mudik dan balik selesai, Ganjar menyebut Pemprov Jateng akan membangun tempat istirahat terpadu permanen di titik yang sama dengan luas lahan total tujuh hektare.

“Diteruskan (fungsinya setelah masa mudik) karena kami sudah mendapat alokasi daerah ini. Termasuk seluruh izin-izinnya jadi mau dijadikan rest area beneran,” kata Ganjar.

Berdasarkan pantauan di Jalan Tol Semarang-Solo, kendaraan pemudik dari berbagai daerah mulai memadati jalur A pada arus mudik Lebaran 2023. Sementara, arus kendaraan pada ruas jalur B masih tampak lengang.

Baca Juga: Tambah 2 Tewas, Korban Kecelakaan Beruntun di Tol Semarang-Solo Jadi 8

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya