Basarnas Semarang Sedot Sungai Kayen dan Comal, Diolah Jadi Air Minum

Basarnas Semarang atasi kelangkaan air bersih

Semarang, IDN Times - Penanggulangan kekeringan dilakukan personel Basarnas di Kota Semarang dan Kabupaten Pemalang. Di dua daerah tersebut, personel SAR memaksimalkan penggunaan peralatan water treatment untuk mengolah air sungai. 

Air sungai yang diolah tim SAR yaitu Sungai Kayen Rowosari Tembalang dan Sungai Comal Pemalang. 

Baca Juga: Jalan ke Tugu Muda Ditutup Peringati Pertempuran 5 Hari di Semarang

1. Ribuan liter air disedot dari Sungai Kayen Rowosari

Basarnas Semarang Sedot Sungai Kayen dan Comal, Diolah Jadi Air MinumIni adalah kesibukan personel Basarnas Semarang ketika menyedot air Sungai Kayen Rowosari Tembalang untuk diolah menjadi air minum dan pasokan air bersih. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Kepala Basarnas Semarang, Heru Suhartanto mengaku personelnya melakukan dropping air bersih ke wilayah Rowosari Tembalang sebanyak 9.000 liter dan 16.000 liter. 

"Kami telah mendistribusikan 9.000 liter air bersih kemarin di Rowosari dan pada hari ini sebanyak 16.000 liter sudah terdistribusikan. Semoga meskipun tidak seberapa, tapi usaha kami ini kami harapkan bisa meringankan beban masyarakat yang kesulitan atas air bersih akibat kemarau panjang ini," kata Heru, Jumat (13/10/2023). 

2. Air sungai yang disedot Basarnas bisa langsung diminum

Basarnas Semarang Sedot Sungai Kayen dan Comal, Diolah Jadi Air Minum

Ada hal menarik yang dilakukan Basarnas di Rowosari. Bila biasanya air bersih dari PDAM. Tetapi kali ini warga Rowosari dapat pasokan air bersih dari Sungai Kayen. 

Air bersih yang didistribusikan ke warga Rowosari merupakan hasil dari pemurnian air Sungai Kayen yang berada di Rowosari. Basarnas menggunakan alat water treatment yang berada di truk tactical disaster support vehicle.

"Jadi kami menggunakan truk water treatment untuk mengolah air keruh yang ada di Sungai Kayen Rowosari menjadi air bersih dan bahkan bisa langsung diminum," terang Heru.

3. Basarnas juga olah air Sungai Comal jadi air bersih

Basarnas Semarang Sedot Sungai Kayen dan Comal, Diolah Jadi Air MinumPasokan air bersih disalurkan bagi warga Pemalang. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Semarang)

Kegiatan dropping air bersih merupakan permintaan dari BPBD Kota Semarang yang mendapatkan laporan adanya warga kesulitan air bersih akibat kemarau.

Bukan cuma di Semarang, hari ini Jumat (13/10/2023), tim SAR juga mengoperatori truk water treatment di Pemalang untuk menyediakan air bersih bagi warga sekitar.

"Kami juga mendapatkan permintaan dari BPBD Pemalang untuk menyediakan air bersih bagi sebagian warga Comal Pemalang, sehingga kami kirim tim kesana untuk membantu" lanjut Heru.

Pemurnian air bersih tersebut dilakukan di Sungai Comal pemalang dan diangkut oleh truk tangki milik BPBD Pemalang untuk didistribusikan ke warga yang membutuhkan.

Baca Juga: Jadi Bupati Pemalang, Nana Sudjana Beri Tugas Berat ke Mansur Hidayat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya