Biar Gak Kecelakaan di Rel KA, Juragan Truk Diminta Lakukan Ini pada Sopirnya

Sopir truk harus paham medan jalan raya

Semarang, IDN Times - Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengimbau kepada para pemilik truk untuk membekali pengetahuan bagi sopir trailer atau tronton guna menghindari kecelakaan lalu lintas di ruas rel kereta api (KA). Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Aptrindo, Agus Pratiknyo, edukasi harus diberikan bagi para sopir truk trailer terutama saat diberi tugas menghantarkan barang di lokasi medan jalan raya yang baru. 

"Para pengurus jangan hanya asal perintahkan sopir ke sana-kemari tanpa diberi pengetahuan jalanya. Begitu juga para pengemudi, harus tahu kendaraan yang dipegang, layak jalan apa tidak. Apakah melewati sesuai kelasnya," kata Agus, Minggu (23/7/2023). 

Baca Juga: Pasca Tabrakan KA Brantas, Truk Bermuatan 8 Ton Dilarang Melintasi Rel Madukoro

1. Jangan asal comot merekrut sopir truk

Biar Gak Kecelakaan di Rel KA, Juragan Truk Diminta Lakukan Ini pada Sopirnyailustrasi salah seorang sopir truk yang sudah menggunakan QR Code untuk membeli solar subsidi di SPBU Politeknik, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (21/2/2023). (IDN Times/Ungke Pepotoh/bt)

Agus mengaku edukasi secara berkala perlu diberikan bagi sopir truk trailer khususnya dibekali pengetahuan mengenai tipe kendaraan yang dioperasikan, ruas jalan yang boleh dilintasi dan muatan barang apa saja yang berbahaya dan yang tidak. 

Ketika merekrut sopir truk, katanya para pengusaha juga disarankan jangan asal comot.

Ia bilang setiap sopir truk harus dibekali dengan kemampuan yang mumpuni, memiliki SIM B1 atau SIM B2 dan harus dilihat dari rekam jejak pengalamannya. 

"Pertama memang SIM sesuai golongan, biasanya harus ada SIM B1 umum atau B2 umum. Di luar itu, kita tak semata-mata buka lamaran, kami istilahnya getok tular, sopir bergabung atau rekrut harus sudah transfer pengetahuan, untuk menilai apakah layak atau tidak, mengetahui pemahaman truk dan medan. Karena dari itu bakal kelihatan," paparnya. 

2. Aptrindo kerap libatkan KNKT

Biar Gak Kecelakaan di Rel KA, Juragan Truk Diminta Lakukan Ini pada SopirnyaTruk pengangkut beras menabrak truk trailer, Jumat (11/11/2022). (Dok. Command Center Surabaya)

Diluar itu, Agus mengatakan asosiasinya selama ini kerap berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk meningkatkan pemahaman dan keselamatan kepada para sopir truk agar tetap bisa sefty driving di jalan raya.

"Bersama KNKT sudah terjadwal, ada agenda secara periodik. Kami juga libatkan pemilik merek truk untuk menyampaikan pengarahan dan pengetahuan mengenai truknya," ungkapnya. 

3. Pengusaha truk diminta pahami jalur untuk truk barang

Biar Gak Kecelakaan di Rel KA, Juragan Truk Diminta Lakukan Ini pada SopirnyaTruk trailer yang melindas korban di Tol Sigli-Banda Aceh, Aceh (Foto: Istimewa)

Lebih jauh lagi, ia menuturkan adanya potensi kecelakaan di jalan raya menjadi resiko tersendiri bagi truk angkutan barang.

Namun, ia mengaku kaget dengan kejadian dan perkembangan kasus yang telah berjalan hingga detik ini.

“Maka ke depanya, kami sudah berikan imbauan kepada kawa-kawan asosiasi, terutama pengusaha yang harus paham akan jalur-jalur yang boleh dibuat lintasan truk," terangnya. 

4. Sopir truk yang kecelakaan di Rel Madukoro dinyatakan bersalah

Biar Gak Kecelakaan di Rel KA, Juragan Truk Diminta Lakukan Ini pada SopirnyaKecelakaan KA Brantas menabrak truk trailer di perlintasan kereta api Kali Banjir Kanal Barat Jalan Madukoro Semarang, Selasa (18/7/2023). (IDN Times/bt)

Sedangkan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, mengaku pihaknya telah memeriksa sopir truk bernama Heru Susanto yang terlibat kecelakaan karena truknya ditabrak KA Brantas di Rel Madukoro Semarang. 

Bayu mengatakan Heru dinyatakan bersalah karena melakukan pelanggaran.

"Sebenarnya dia tahu ini bukan jalannya dia. Itu jalan kelas dua yang harusnya tidak dilewati. Tapi, sekarang maasih penyelidikan, setelah semuda diperiksa nanti akan kami gelar kasusnya. Nanti baru tahu siapa tersangkanya," terang Bayu. 

Baca Juga: Pakar: KA Brantas Tetap Tabrak Truk di Semarang Karena Hukum Newton 1

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya