Detik-detik Cuti Bersama, Kendaraan Pemudik yang Lewat Tol Kalikangkung Naik 3 Kali Lipat

Cuti bersama mulai tanggal 19 April besok

Semarang, IDN Times - Menjelang momentum cuti bersama yang jatuh pada Rabu (19/4/2023), pergerakan arus kendaraan pemudik yang melintasi ruas Tol Kalikangkung Ngaliyan Semarang semakin padat. 

Baca Juga: Jadwal One Way di Tol Cikampek-Kalikangkung selama Mudik Lebaran 2023

1. Sudah ada 30 ribu kendaraan pemudik masuk Tol Kalikangkung

Detik-detik Cuti Bersama, Kendaraan Pemudik yang Lewat Tol Kalikangkung Naik 3 Kali LipatKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menko PMK Muhajir Effendy memantau pergerakan arus kendaraan pemudik yang melintasi Tol Kalikangkung Ngaliyan Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang memantau pergerakan para pemudik pada Selasa (18/4/2023) sore menyatakan lonjakan kendaraan yang masuk ruas Tol Kalikangkung telah mencapai 30.000 unit. 

"Sampai hari ini, dari awalnya hanya kisaran 10.000 kendaraan, tapi saat sore sudah sebanyak 30.000 unit. Jumlahnya suda mendekati angka kenaikan 300 persen. Dan mencapai puncaknya diperkirakan nanti malam atau besok. Berdasar pengalaman tahun lalu kendaraan yang melintasi di sini di angka 60 ribu," kata Listyo. 

2. Sistem one way diberlakukan dari Cikampek sampai Kalikangkung

Detik-detik Cuti Bersama, Kendaraan Pemudik yang Lewat Tol Kalikangkung Naik 3 Kali LipatSeorang pemudik menempelkan E-toll ketika memasuki gerbang Tol Kalikangkung Ngaliyan Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Listyo menyebut bahwa sistem one way telah diberlakukan personel kepolisian dari ruas Tol Cikampek sampai gerbang Tol Kalikangkung. 

Pemberlakuan one way diterapkan selama tiga hari dengan waktu operasional one way mulai jam 12.30 WIB dan berakhir jam 20.04 WIB. 

"One way dari Tol Cikampek sampai Kalikangkung. Jika ada beban kendaraan yang bertambah maka akan ada one way lokal. Tentunya ini nantinya berdampak kepada pengguna jalan lainnya. Kemungkinan bagi yang berjalan mudik ke arah barat," tutur Listyo.

3. Kapolri minta media dilibatkan untuk sosialisasi perubahan aturan one way

Detik-detik Cuti Bersama, Kendaraan Pemudik yang Lewat Tol Kalikangkung Naik 3 Kali LipatSejumlah kendaraan pemudik memasuki ruas gerbang Tol Kalikangkung Ngaliyan Semarang tepat menjelang cuti bersama menyambut perayaan Idulfitri 1444 Hijriyah. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kendati begitu, Listyo menyarankan supaya mekanisme sistem one way disosialisasikan secara luas kepada masyarakat yang menempuh perjalanan pulang kampung ke Jawa Tengah. Sosialisasi sistem one way, katanya bisa digencarkan Polda Jateng dan Korlantas Polri dengan melibatkan media massa. 

Sehingga ketika muncul perubahan aturan one way, para pemudik bisa secepatnya menyesuaikan dan mengetahui aturan yang jelas supaya tidak terjebak kemacetan. 

"Persiapan yang dilakukan wilayah Jawa Tengah sudah bagus dan tentunya dibanding tahun kemarin memang ada evaluasi-evaluasi, bagaimana persiapan dan rekayasa yang dilakukan. Sedini mungkin jadi masyarakat bisa terlaksana dengan baik. Mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan nyaman," terang Listyo. 

Baca Juga: Polda Jateng Siapkan One Way Lokal untuk Antisipasi Kemacetan saat Puncak Mudik

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya