Di Polda Jateng Ada Patung Hoegeng Imam Santoso, Sosok Polisi Jujur!

Kapolda Jateng resmikan patung Hoegeng Imam Santoso

Semarang, IDN Times - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi meminta kepada personel kepolisian supaya memiliki spirit yang sama dengan almarhum Jenderal Hoegeng Imam Santoso. Hoegeng merupakan Kapolri pertama yang dikenal memiliki nilai-nilai moral dan kejujuran yang tinggi. 

"Dengan berdirinya monumen di Polda Jateng ini kita punya ikon kebanggaan di dua tempat. Ini menandakan bahwa spirit Pak Hoegeng Iman Santoso tertanam di hati personil Polri khususnya di Polda Jateng," kata Luthfi dalam keterangan resmi usai meresmikan patung Hoegeng Imam Santoso di halaman Mapolda Jateng, Jumat (2/2/2024).

Baca Juga: Timnas AMIN Jateng: KPU Ngotot Pakai DPT Bermasalah untuk Pemilu 2024

1. Kapolda Jateng: Ada tiga polisi jujur versi Gusdur

Di Polda Jateng Ada Patung Hoegeng Imam Santoso, Sosok Polisi Jujur!Apel siaga pengamanan kunjungan Jokowi ke Bantul.(Dok.Polres Bantul)

Luthfi menyebut di Jawa Tengah kini ada dua monumen patung Hoegeng yakni di Stadion Hoegeng Iman Santoso Kota Pekalongan dan Mapolda Jateng.

Sebelumnya pada November 2023 lalu monumen serupa di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan diresmikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa sosok Hoegeng tidak hanya menjadi ikon polisi. Namun juga ikon masyarakat karena nilai-nilai kejujuran, keberanian dan kesederhanaan yang dimilikinya.

“Bahkan presiden keempat Gus Dur mengatakan bahwa di Indonesia itu ada tiga polisi jujur, yaitu Pak Hoegeng, polisi tidur dan patung polisi,” ungkapnya.

Kapolda bangkitkan spirit Hoegeng Imam Santoso

Di Polda Jateng Ada Patung Hoegeng Imam Santoso, Sosok Polisi Jujur!Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi hadir dalam peresmian patung Hoegeng Imam Santoso. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia pun berharap dengan berdirinya monumen patung Hoegeng menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi seluruh personel kepolisian yang bertugas di Polda Jateng. Ini, tambahnya untuk meneladani sosok Hoegeng saat bertugas sehari-hari. 

“Dalam sosok Pak Hoegeng terkandung nilai kejujuran, keberanian kesederhanaan, dan sebagainya. Ini adalah inspirasi yang harus kita bangkitkan di kita semuanya dan diharapkan memberikan motivasi memunculkan Hogeng-Hoegeng yang lain,” akunya. 

3. Patung Hoegeng berdiri menghadap Jalan Pahlawan

Di Polda Jateng Ada Patung Hoegeng Imam Santoso, Sosok Polisi Jujur!Para kapolres dan Kapolda Jateng berfoto bersama dengan latar belakang patung Hoegeng Imam Santoso. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto menjelaskan patung Hoegeng di Mapolda Jateng setinggi 9 meter, berdiri di tumpuan setinggi 4 meter. Sedangkan tinggi tumpuan ke lantai adalah 1 meter. Sehingga secara total, tinggi patung itu adalah 14 meter.

Patung Hoegeng berdiri yang menghadap ke Jalan Pahlawan Semarang. 

Peresmian monumen itu dipimpin langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Wakapolda Brigjen Agus Suryo Nugroho. Kemudian turut dihadiri seluruh PJU Polda Jateng serta para kapolres 35 kabupaten/kota.

“Patung Hoegeng yang dibuat setinggi 14 meter itu punya makna tersendiri. Itu menunjukkan tanggal kelahiran Jenderal Hoegeng yakni 14 Oktober dan wafat tanggal 14 Juli,” kata Bayu. 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya