Jateng Dapat Fasilitas Fast Track Berangkatkan 352 Calhaj ke Makkah

Nana Sudjana lepas keberangkatan calhaj kloter pertama

Semarang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana melepas keberangkatan 352 calon jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Solo di Gedung Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu (12/5/2024). 

Pada tahun ini, jumlah jamaah calon haji asal Jawa Tengah yang diberangkatkan sebanyak 32.059 orang. Mereka terbagi dalam 100 kloter. Calhaj asal Temanggung menjadi yang pertama diberangkatkan ke Arab Saudi. Sedangkan kloter terakhir adalah calhaj Wonogiri, mereka akan berangkat pada 10 Juni 2024.

“Jadi ada sekitar 100 kloter akan kita berangkatkan. Dalam satu hari (diberangkatkan) tiga sampai empat kloter," ujar Nana. 

Baca Juga: 1.957 Warga Semarang Berangkat Haji, Mayoritas Usia 60 Tahun

1. Fasilitas fast track diberikan bagi embarkasih Solo

Jateng Dapat Fasilitas Fast Track Berangkatkan 352 Calhaj ke MakkahSatu persatu calon jemaah haji berangkat ke Saudi. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Menurutnya embarkasih Solo pertama kalinya mendapatkan fasilitas fast track, yaitu preclearance atau pemeriksaan dokumen jamaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Sebelumnya, fasilitas ini hanya dilakukan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.

“Ini adalah suatu pelayanan dan kemudahan yang diberikan kepada para jamaah haji. Kita harapkan tentunya ke depan pelaksanaan ibadah haji akan semakin baik," Nana.

2. PPI: Jemaah haji di Saudi tidak perlu pemeriksaan imigrasi

Jateng Dapat Fasilitas Fast Track Berangkatkan 352 Calhaj ke MakkahSuasana embarkasih Solo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng (

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jateng, Mustain Ahmad mengatakan, keberadaan fasilitas fast track ini dapat menghemat waktu jamaah dalam proses perjalananan ibadah haji.

"Dengan demikian, InsyaAllah jamaah haji kita begitu landing di Arab Saudi, baik landing di Madinah maupun Jeddah, tidak perlu melakukan pemeriksaan imigrasi. Jamaah bisa langsung menuju ke hotel masing-masing," katanya.

3. Yang tidak punya visa dipastikan tidak bisa berangkat

Jateng Dapat Fasilitas Fast Track Berangkatkan 352 Calhaj ke Makkah

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki menambahkan, perbaikan layanan lainnya pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini adalah penerbitan smart card oleh Pemerintah Arab Saudi. Smart card ini dibagikan kepada seluruh jamaah haji, yang memang resmi menggunakan visa haji.

"Mereka yang tidak punya visa haji, dipastikan tidak bisa di tanah suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Itu pasti akan mengurangi tingkat crowded di sana. Insya Allah bisa tertata dengan baik," tuturnya.

Baca Juga: Kapolda Jateng Perintahkan Personel Patroli di Daerah Rawan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya