Jateng Dikirimi 60 Ribu Vaksin PMK, Babinsa Dikerahkan Percepat Vaksinasi

Vaksin PMK tambahan tiba di Semarang

 

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jawa Tengah bakal mempercepat penyuntikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan melibatkan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Percepatan vaksinasi dianggap sejalan dengan penambahan alokasi vaksin PMK yang akan dikirim sebanyak 60 ribu dosis. 

 

1. 60 ribu dosis vaksin PMK tiba hari ini

Jateng Dikirimi 60 Ribu Vaksin PMK, Babinsa Dikerahkan Percepat VaksinasiKepala Disnak Keswan Jateng Agus Wariyanto. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Kepala Disnak Keswan Jateng, Agus Wariyanto mengatakan, untuk droping vaksin PMK sedang dalam perjalanan menuju Semarang. 


Jika tidak ada hambatan, Agus memperkirakan 60 ribu dosis vaksin PMK akan tiba di gudang Disnak Keswan pada hari ini, Rabu (10/8/2022). 


"Sesuai aturan, di lapangan pemegang kendali tetap dokter hewan dan medis. Namun, kalau vaksinasi hewan kan tidak cukup satu orang perlu ada yang handling, kemudian mengamankan ternak juga dan ada yang menyuntikan," terangnya. 

Baca Juga: 6 Daerah di Jateng Dapat Kiriman Vaksin PMK, Distribusinya Diam-diam

2. Kasus suspek PMK diklaim menurun selama tiga bulan

Jateng Dikirimi 60 Ribu Vaksin PMK, Babinsa Dikerahkan Percepat VaksinasiCegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, Polda Aceh perketat pengiriman ke pengiriman ke luar Aceh. (Dokumentasi Polda Aceh untuk IDN Times)

Meski begitu, ia mengklaim untuk saat ini tren penularan PMK mulai menunjukan penurunan. Agus menyebut, kasus penularan per hari berkisar 200 kasus. Adapun, jumlah vaksinasi dosis pertama telah mencapai kisaran 135 ribu. 


"Di Jateng vaksinasi sudah 134 ribu-135 ribu ekor atau sekitar 99,5 persen. Itu hal yang akseleratif. Sementara, suspek PMK sekitar 56 ribu dalam kurun tiga bulan. Penambahan kasus 200 ekor per hari rata-rata, pernah dulu sampai 1.400 ekor per hari," urainya. 

3. Babinsa dan Bhabinkamtibmas dilibatkan untuk menyuntikan vaksin PMK

Jateng Dikirimi 60 Ribu Vaksin PMK, Babinsa Dikerahkan Percepat VaksinasiSekda Jateng Sumarno. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Sedangkan, menurut Sekda Jawa Tengah  Sumarno pelibatan TNI/Polri karena jangkauan personel Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang luas. 


Terlebih lagi, tantangan vaksinasi PMK cukup besar karena vaksinator perlu mendatangi tempat hewan yang akan disuntik.


"Kita bersinergi dengan semua pihak termasuk dukungan TNI dan Polri. Ada teman-teman Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang menguasai wilayah. Sehingga dengan hal itu kita bisa tindak lanjuti lebih cepat. Karena mereka informasi sosialisasi dan ketika ada kejadian tahu lebih dulu," ujarnya usai membuka rakor lintas sektor untuk pengendalian PMK. 

Baca Juga: Merebak PMK, Permintaan Sapi di Jateng Tetap Stabil, Konsumen Beli Langsung ke Peternak

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya