Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar Sebut Kenal Firli dan SYL

Bantah terlibat penyerahan uang

Semarang, IDN Times - Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar akui pernah diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Irwan mengaku diperiksa pada awal Agustus 2023 saat kasus tersebut dalam tahap penyelidikan.

Baca Juga: Mahfud MD Koordinasi dengan KPK soal Pertemuan Firli dan Syahrul Yasin

1. Irwan Anwar diperiksa awal Agustus 2023 saat kasus masih dalam penyelidikan

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar Sebut Kenal Firli dan SYLKapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar bersama Dandim Semarang Letkol IDN Honi Havana memberikan keterangan terkait perkembangan kasus penembakan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sebelumnya Kombes Pol Irwan Anwar diperiksa sebagai saksi oleh penyidik Polda Metro Jaya terkait dugaan kasus pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK. "Sebelumnya terhadap saya sudah dilakukan pada tahap penyelidikan, pada awal-awal Agustus2023," katanya.

Pasca kasus ini dinaikkan dari penyelidikan ke penyidikan Irwan mengatakan dirinya juga akan dipanggil lagi untuk dimintai keterangan. "Informasi yang kami dapatkan proses penanganan kasus ini sudah tahap penyidikan tentu saya akan dimintai keterangan lagi sebagai saksi," katanya.

2. Akui kenal Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar Sebut Kenal Firli dan SYLKetua KPK, Firli Bahuri (IDN Times/Aryo Damar)

Anwar mengatakan dirinya mengenal Firli saat bertugas di Polda NTB, sedangkan SYL menurutnya merupakan paman dari Irwan Anwar yang merupakan saudara dari mertua perempuan Irwan Anwar.

Firli merupakan atasan langsung Irwan Anwar saat ia menjabat sebagai Direktur Kriminal Umum di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tahun 2017. Meski mengenal keduanya Irwan mengaku tak terlibat dalam penyerahan uang. "Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa," ujarnya.

3. Kapolda mengiyakan Kapolrestabes Semarang diperiksa sebagai saksi di Polda Metro Jaya

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar Sebut Kenal Firli dan SYL(Kapolda Jateng, Irjen Pol Achmad Luthfi) IDN Times/istimewa

Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Luthfi membenarkan adanya pemeriksaan Irwan Anwar oleh Polda Metro Jaya. "Dia dipanggil sebagai saksi dan hari ini sudah berangkat ke sana," katanya.

Sementara untuk materi pemeriksaan Kapolda mengaku belum mengetahuinya. "Tentang materi dan lainnya itu penyidik dari Metro Jaya," katanya.

Baca Juga: IPW Bocorkan Hubungan Irwan Anwar dengan Syahrul Limpo-Firli Bahuri

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya