Karimunjawa Dikepung Ombak Tinggi, Ini Daftar 23 Biro Travel yang Bawa Wisatawan

Dua kapal gak bisa menyeberang ke Karimunjawa

Jepara, IDN Times - Ombak tinggi yang melanda perairan utara Jawa Tengah membuat ratusan wisatawan tertahan di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Informasi dari pihak Kecamatan Karimunjawa menyebutkan gelombang laut yang tinggi mengakibatkan dua kapal dilarang bersandar di Dermaga Karimun.

Lantas bagaimana kondisi para wisatawan yang masih tertahan di Karimunjawa?

1. Kapal Siginjai dan Express Bahari tidak bisa menyeberang

Karimunjawa Dikepung Ombak Tinggi, Ini Daftar 23 Biro Travel yang Bawa WisatawanSejumlah penumpang KM Siginjai tiba di Dermaga Karimun, Pulau Karimunjawa, Jepara. (IDN Times/Dok Camat Karimunjawa)

Camat Karimunjawa, Muslikin mengaku, ada puluhan bahkan ratus wisatawan yang hari ini terpaksa tinggal sementara di penginapan sembari menunggu cuaca membaik dan gelombang laut kembali normal. 

"Soalnya kan yang harusnya KM Siginjai dan Express Bahari hari ini berlabuh di Dermaga Karimun, tetapi karena ombaknya tinggi kapalnya dilarang merapat. Jadinya kedua kapal itu off, tidak bisa menyeberang ke Karimunjawa," kata Muslikin kepada IDN Times, Sabtu (24/12/2022). 

Baca Juga: Gegara Ombak Tinggi, 215 Turis Gak Bisa Pulang dari Pulau Karimunjawa

2. Puluhan biro travel bawa ratusan wisatawan

Karimunjawa Dikepung Ombak Tinggi, Ini Daftar 23 Biro Travel yang Bawa Wisatawankarimunjawatour.co.id

Muslikin berkata, efek dari ombak Karimunjawa yang tinggi membuat keperluan wisatawan untuk pulang ke Jepara menjadi tertunda. Padahal sesuai manifesnya ada ratusan wisatawan yang dijadwalkan pulang ke Jepara lantaran waktu liburannya ke Karimunjawa sudah selesai. 

"Kalau dihitung-itung turis yang gak bisa pulang itu dibawa sama 23 biro travel. Ada agen biro yang bawa turis satu orang, dua orang, empat orang sampai lebih dari 40 orang," ujar Muslikin. 

3. Daftar biro travel yang bawa wisatawan di Karimunjawa

Karimunjawa Dikepung Ombak Tinggi, Ini Daftar 23 Biro Travel yang Bawa WisatawanPetugas gabungan berpatroli di Karimunjawa Jepara. (Dok Kecamatan Karimunjawa Jepara)

Lebih jauh lagi, dirinya bilang hari ini juga sudah melapor kepada Pj Bupati Jepara dan Sekda Jepara mengenai dampak ombak tinggi di Karimunjawa. Ia juga tak bisa memastikan sampai kapan dua KM Siginjai dan Express Bahari berhenti beroperasi. 

"Kita gak ada pemberitahuan sampai kapan kapalnya off. Soalnya mau gak mau musti nunggu cuacanya normal," terangnya. 

Berdasarkan pengakuan Muslikin, berikut ini daftar sementara biro travel yang membawa wisatawan yang masih tertunda kepulangannya dari Karimunjawa:

  1. Ardian Tour (Ardian) : 41 orang
  2. Samudra (Ubaidila) : 5 orang
  3. Tomi : 4 orang.
  4. Lilis : 4 orang
  5. Kajieco : 2 orang
  6. Munir Trip Jaya : 9 org
  7.  Tim Visit : 13 org
  8. Breve Azurine : 21 orang
  9. Omah Alchy : 8 orang
  10.  Sama-sama : 7 org
  11. Alarm Kita : 7 org
  12. Sunrise    : 1 org
  13.  Ailana Trip : 4 org
  14. Nesia tour : 21 org
  15. Manggamuda homestay: 4 org
  16.  Berhasil homestay : 6 org
  17. Legon waru: 29 org
  18. Blue Coral: 6 org
  19. Royal.ocean : 2 org
  20. Mirabelle: 4 org
  21. Leyeh Leyeh Tour: 1 orang
  22. Basa-basi: 10 orang
  23. Satu Pintu: 6 orang

"Masih ada beberapa yang belum terdata," katanya. 

4. Biaya penginapan ditanggung separuh harga

Karimunjawa Dikepung Ombak Tinggi, Ini Daftar 23 Biro Travel yang Bawa WisatawanPetugas cek kondisi Pulau Kemujan yang didatangi wisatawan saat liburan Lebaran. (Dok Kecamatan Karimunjawa)

Muslikin menambahkan, penginapan yang ditempati sementara para wisatawan yang tertahan di Karimunjawa biayanya ditanggung 50 persen oleh setiap biro travel.

"Ya karena cuacanya tidak memungkinkan seperti ini, jadinya mereka diinapkan lagi di penginapan. Tapi biayanya gak full hanya separuh harga," tandasnya.

Baca Juga: Tanah di Pulau Karimunjawa Dijual Rp300-Rp500 Ribu Per Meter

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya