Kemenkumham Jateng Lakukan Mitigasi untuk Perbaiki Kinerja Tahun Depan

Refleksi akhir tahun menjadi momen evaluasi menyeluruh

Semarang, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar evaluasi kinerja dan refleksi akhir tahun 2023 di Hotel Dafam Wonosobo. Kepala Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto menekankan pentingnya melakukan mitigasi untuk membenahi kerja-kerja pelayanan publik yang kurang maksimal. 

"Terhadap kekurangan maksimalnya kinerja, segera melakukan mitigasi dengan melaksanakan kegiatan evaluasi kinerja. Dari ini dapat diketahui penyebab kurang maksimalnya kinerja 2023, untuk melakukan pembenahan dan peningkatan kinerja di tahun 2024," kata Tejo, Kamis (28/12/2023). 

Adapun kegiatam refleksi akhir tahun menjadi momen bagi pihaknya untuk mencatat apa saja yang sudah dicapai. Dan kekurangan yang mesti dibenahi pada tahun depan. 

Kegiatan ini juga diproyeksikan sebagai pijakan untuk merencanakan strategi ke depan agar lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: ASN Kemenkumham Jateng Diminta Waspada Tahun Politik: Rawan Terpengaruh Paslon

1. Diakui tidak semua program berjalan mulus

Kemenkumham Jateng Lakukan Mitigasi untuk Perbaiki Kinerja Tahun DepanPaparan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto saat refleksi akhir tahun. (IDN Times/Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Ia mengatakan, layaknya sebuah perjalanan, selama tahun 2023 perjalanan yang ditempuh bersama jajarannya tidak selalu berjalan mulus. 

"Tentu tidak semuanya sempurna. Masih ada kekurangan, masih ada yang harus dibenahi agar pelaksanaan tugas dan fungsi berjalan lebih optimal," ungkap Tejo. 

2. Kakanwil minta kinerja ditingkatkan lagi

Kemenkumham Jateng Lakukan Mitigasi untuk Perbaiki Kinerja Tahun DepanJajaran pejabat dan perwakilan UPT Kemenkumham Jateng saat menghadiri refleksi akhir tahun do Wonosobo. (IDN Times/Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Secara umum, ia mengimbau agar capaian kinerja yang tergolong memuaskan dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi, sementara terhadap kinerja yang kurang maksimal, dapat dilakukan pemetaan masalah. Sekaligus upaya yang lebih konkrit, strategis dan teknis guna mendongkrak performa organisasi.

3. Inspektur Wilayah IV Kemenkumham juga beri penguatan

Kemenkumham Jateng Lakukan Mitigasi untuk Perbaiki Kinerja Tahun DepanInspektur Wilayah IV Kemenkumham, Bambang Setyabudi. (IDN Times/Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Dalam pelaksanaannya, kegiatan diisi penguatan oleh Inspektur Wilayah IV Kemenkumham, Bambang Setyabudi dan Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo.

Dilanjutkan dengan paparan evaluasi kinerja dari perwakilan Kepala UPT, di antaranya Kepala Kantor Imigrasi Semarang, Kepala Rutan Banyumas, Kepala Badiklat Kumham Jateng, Kepala Rutan Surakarta, Kepala Rupbasan Purbalingga, Kepala Lapas Karanganyar  dan Kepala Rutan Wonosobo.

Kegiatan juga diisi dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Kinerja TA 2024 dan penganugerahan penghargaan UPT berkinerja terbaik Tahun 2023.

Baca Juga: Kepala Kemenkumham Jateng Izinkan BNNP Tangkap Pegawai yang Terlibat Narkoba

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya