Ketahuan Jiplak, TikToker Rico Dwi Gagal Lulus Empat Mata Kuliah di Unnes

Rico diberi sanksi berat

Semarang, IDN Times - Pihak kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan sanksi tegas terhadap TikToker Rico Dwi Cahyono yang kedapatan melakukan aksi plagiat pada karya seninya. Rektorat Unnes menyatakan Rico terbukti menjiplak karya seniman lainnya sehingga telah melanggar aturan hak paten. 

Baca Juga: Ikuti Arahan Nadiem, Unnes Pilih Tunda Kenaikan UKT dan IPI

1. Unnes sesalkan tindakan Rico

Ketahuan Jiplak, TikToker Rico Dwi Gagal Lulus Empat Mata Kuliah di UnnesGerang Utama Universitas Negeri Semarang (instagram/unnes_semarang)

Kepala UPT Humas Unnes, Rahmat Petuguran sangat menyesalkan tindakan plagiasi yang dilakukan Rico yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa Pendidikan Seni Rupa FBS. 

Sebagai konsekuensi sekaligus penindakan tegas, maka Rico diberi sanksi secara akademik. 

"Sebagai komitmen dalam menjaga integritas akademik, Unnes telah melakukan kajian dan memberikan sanksi yang proporsional terhadap mahasiswa tersebut," ujar Rahmat, Selasa (25/6/2024). 

2. Unnes minta mahasiswa tegakan integritas

Ketahuan Jiplak, TikToker Rico Dwi Gagal Lulus Empat Mata Kuliah di Unnesilustrasi gedung FEB Unnes (instagram.com/unnes_semarang)

Lebih jauh lagi, Rahmat pun menyarankan kepada para mahasiswa Pendidikan Seni Rupa maupun jurusan lainnya supaya belajar membangun integritas. Salah satunya merancang karya-karya yang orisinal agar mendapatkan kepercayaan dari kampus dan masyarakat luas. 

"Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran bagi semua sivitas akademika agar menjunjung tinggi integritas akademik," ujar Dosen Linguistik tersebut. 

3. Kaprodi minta maaf atas tindakan Rico

Ketahuan Jiplak, TikToker Rico Dwi Gagal Lulus Empat Mata Kuliah di UnnesEdaran Kaprodi Pendidikan Seni Rupa Unnes yang diposting pada tautan X. (IDN Times/Dok akun X.

Sedangkan dalam edaran yang diterbitkan Kaprodi Pendidikan Seni Rupa di tautan X, ditegaskan bahwa penindakan tegas bagi Rico didasari atas laporan dan maraknya pemberitaan yang beredar belakangan ini. 

Beredar luas jika tindakan plagiasi yang dilakukan Rico juga diposting dalam konten medsos pribadinya. 

Kaprodi Pendidikan Seni Rupa mengaku perlu memberikan perhatian khusus terhadap pelanggaran etika yang dilakukan Rico. "Kami juga memohon maaf atas kegaduhan yang terjadi," kata Kaprodi. 

4. Batalkan kelulusan Rico

Ketahuan Jiplak, TikToker Rico Dwi Gagal Lulus Empat Mata Kuliah di UnnesRico Dwi Cahyono (instagram.com/ricodwichyy)

Selain itu, pihaknya juga sudah mengkaji persoalan tersebut secara akademis dengan melibatkan dosen pengampu mata kuliah terkait. Dari kajian yang muncul, katanya maka Rico juga telah mengakui menjiplak atau melakukan plagiasiplagiasi terhadap karya orang lain. 

"Sehingga kami memberi tindakan tegas sesuai aturan akademik yang berlaku. Berupa pembatalan kelulusan untuk empat mata kuliah yang terkait dengan pelanggaran tersebut. Kami minta saudara Rico Dwi Cahyono segera menyelesaikan masalah dengan bijak dan proporsional dengan pihak-pihak terkait," ungkap Kaprodi. 

Menurutnya masalah yang dialami Rico memang diluar kontes perkuliahan dan ranah akademik. Pihaknya pun berterima kasih atas informasi dari berbagai pihak untuk menegakkan integritas akademik. "Masukan dari masyarakat dapat disampaikan melalui surel resmi humas@mail.unnes.ac.id maupun pendidikansenirupa@mail.unnes.ac.id," tuturnya. 

Baca Juga: Mahasiswa FEB Unnes Dibekali Trik Jitu Biar Terhindar Trading Bodong

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya