KM Pengayoman Tenggelam, Satu Petugas Lapas Ditemukan Meninggal

Daftar korban tenggalamnya KM Pengayoman

Cilacap, IDN Times - Seorang petugas lapas ditemukan meninggal dunia akibat insiden KM Pengayoman IV yang tenggelam di Laut Nusakambangan, Cilacap. Petugas lapas yang dimaksud bernama Wahyu.

"Ada dua korban meninggal dunia dari kejadian tenggelamnya kapal Pengayoman IV. Salah satunya seorang petugas lapas. Identitasnya diketahui dari manifes yang kita lacak," kata I Nyoman Sudakarya, Kepala Basarnas Cilacap ketika dihubungi IDN Times, Jumat (17/9/2021).

Diberitakan sebelumnya, Kapal Motor (KM) Pengayoman yang dioperasikan oleh pihak Kemenkumham Jawa Tengah kedapatan tenggelam di tengah Laut Nusakambangan, pada Jumat pagi (17/9/2021). 

Kapal Pengayoman yang mengangkut angkutan berat tersebut diketahui tenggelam saat menempuh perjalanan dari Dermaga Pelabuhan Cilacap menuju Dermaga Wijayakusuma, Pulau Nusakambangan.

1. KM Pengayoman oleng karena kena angin kencang

KM Pengayoman Tenggelam, Satu Petugas Lapas Ditemukan MeninggalKapal Pengayoman IV yang terbalik di Perairan Nusakambangan (Segara Anakan), Kabupaten Cilacap, Jumat (17/9/2021). (ANTARA/HO-BPBD Cilacap)

Nyoman berkata KM Pengayoman saat menuju Nusakambangan juga mengangkut beberapa sepeda motor. Ketika kejadian, ia mengatakan KM Pengayoman mendadak oleng karena terhempas angin kencang.

Selain itu, diduga kuat kapal tenggelam karena ada arus laut yang kuat. Berdasarkan informasi terkini dari Basarnas Cilacap, KM Pengayoman awalnya bertolak dari Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong Nusakambangan.

Kapal yang oleng, katanya kemudian terbalik dan seluruh ABK yang berjumlah tujuh orang ikut tercebur ke laut. "Semua ABK yang jumlahnya tujuh ikut tenggelam. Dan muatan pasir, dua truk dan motor juga kecebur laut," ungkapnya.

Baca Juga: Overload Bocor, KM Pengayoman Tenggelam di Laut Nusakambangan, 2 Tewas

2. Daftar korban KM Pengayoman

KM Pengayoman Tenggelam, Satu Petugas Lapas Ditemukan MeninggalIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Di lokasi kejadian, personelnya menemukan badan kapal sudah terseret arus sejauh 1,8 kilometer.

Berikut ini identitas korban tenggelamnya KM Pengayoman IV:

1. Subagyo Antoro (Nahkoda)
2. Diki (Abk)
3. Melga (Abk)
4. Suheris (sopir)
5. Sulianto (Penumpang)

Korban meninggal dunia:

1. Wahyu (Petugas Lapas)
2. Kardim (Sopir)

3. Tim penyelam masih mencari korban lain

KM Pengayoman Tenggelam, Satu Petugas Lapas Ditemukan MeninggalProses pencarian korban KM Pengayoman juga dilakukan di sekitar Nusakambangan Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Untuk saat ini, Nyoman masih berada di lokasi kejadian untuk menelusuri kemungkinan masih adanya korban yang belum ditemukan. "Kita masih ada di lokasi. Tim penyelam masih melacak kalau ada korban lain yang belum ditemukan," tutupnya.

Baca Juga: Kronologi Kapal Kemenkumham Tenggelam di Nusakambangan, 2 Orang Tewas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya